nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Tunjuk Darmin Nasution sebagai Plt Menko PMK

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 15:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 01 337 2111530 jokowi-tunjuk-darmin-nasution-sebagai-plt-menko-pmk-Roc4vwRnZO.jpg Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution (foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Perekonomian Darmin Nasution sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) menggantikan Puan Maharani.

Puan telah mengundurkan diri sebagai Menko PMK setelah dilantik menjadi anggota DPR periode 2014-2019. Politisi PDI Perjuangan itu merupakan salah satu kandidat terkuat sebagai Ketua DPR mendatang.

"Plt-nya Pak Darmin Nasution," ujar Stafsus Jokowi, Aditia Irawati, Selasa (1/10/2019).

Baca Juga: Mundur dari Menko PMK, Puan Akui Diusulkan PDIP Jadi Ketua DPR

Menteri PMK Puan Maharani Pimpin Rapat Keamanan Asian Games 2018 

Aditia menerangkan bahwa penunjukkan Darmin Nasution sebagai Plt Menko PMK telah dilakukan secara matang dan dengan berbagai pertimbangan.

"Sudah melalui berbagai pertimbangan termasuk sudah memahami berbagai hal yang harus ditangani di kementerian terkait," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi juga sudah menunjuk Mendagri Tjahjo Kumolo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) menggantikan Yasonna H. Laoly yang juga telah dilantik sebagai anggota DPR.

Penunjukkan Tjahjo sebagai Plt Menkumham itu berdasarkan Keppres Nomor 99/P Tahun 2019. Penerbitan Keppres itu berlangsung pada Senin 30 September 2019.

"Saya sebagai pembantu Presiden siap melaksanakan tugas sebagaimana keputusan Keppres tersebut dengan penuh tanggungjawab," ujar Tjahjo dalam keterangannya.

Baca Juga: Jadi Anggota DPR Lagi, Yasonna Laoly Merasa Kembali ke Asal

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini