nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Bupati Kudus terhadap KPK

Sarah Hutagaol, Okezone · Selasa 01 Oktober 2019 13:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 01 337 2111467 hakim-tolak-gugatan-praperadilan-bupati-kudus-terhadap-kpk-nle0ykGY2d.jpg Sidang gugatan praperadilan bupati nonaktif Kudus, Muhammad Tamzil, terhadap KPK di PN Jaksel. (Foto: Sarah Hutagaol/Okezone)

JAKARTA – Gugatan praperadilan yang diajukan bupati nonaktif Kudus, Muhammad Tamzil, terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas status tersangka resmi ditolak hakim tunggal Sudjarwanto.

"Permintaan praperadilan pemohon tidak beralasan dan ditolak. Maka biaya dibebankan kepada pemohon sejumlah nihil," ujar Hakim Sudjarwanto di Ruang Sidang 3 Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (1/10/2019).

Baca juga: OTT Bupati Kudus, KPK Sita Uang Rp200 Juta Diduga Terkait Jual-Beli Jabatan 

Hakim Sudjarwanto menjelaskan kalau praperdilan tersebut tidak beralasan dan ditolak berdasarkan barang bukti permulaan yang diajukan termohon serta hasil keterangan saksi.

Muhammad Tamzil. (Foto: Ist/Instagram)

Disebutkan, penggeledahan yang dilakukan di kediaman Bupati Kudus dianggap sah dan sesuai aturan hukum dikarenakan pihak KPK telah mendapat izin dari Wakil Bupati Kudus.

Baca juga: Terjaring OTT KPK, Bupati Kudus Ternyata Residivis Kasus Korupsi 

Meskipun, penggeledahan yang dilakukan tidak dengan surat izin dari ketua pengadilan, dan juga tidak disaksikan kepala desa.

"Saat menggeledah termohon telah dilengkapi surat penggeledahan tanggal 27 Juli, dan dibuatkan berita acara penggeledahan," lanjut Hakim Sudjarwanto.

Seperti diketahui, pihak Muhammad Tamzil melayangkan gugatan praperadilan dikarenakan status tersangka yang disangkakan terhadapnya dan penggeledahan oleh KPK yang dianggap tidak sah.

Tamzil sendiri ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK lantaran diduga menerima suap terkait pengisian jabatan di wilayahnya.

Ia diduga menerima uang Rp250 juta dari Plt Sekdis DPPKAD Kudus Akhmad Sofyan melalui staf khusus Bupati Agus Soeranto.

Baca juga: Ganjar Pranowo Bentuk "Kudus Baru" Usai Tamzil Kena OTT KPK 

Muhammad Tamzil. (Foto: Sindo)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini