nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolda Papua: TNI-Polri Siap Jamin Keamanan di Wamena

Salman Mardira, Okezone · Selasa 01 Oktober 2019 09:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 01 337 2111339 kapolda-papua-tni-polri-siap-jamin-keamanan-di-wamena-awKspqlS1g.jpg Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw. (Foto: Salman Mardira/Okezone)

JAYAPURA – Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan bakal mempertebal keamanan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pasca-kerusuhan yang menimbulkan gelombang pengungsian massal. Ia pun menegaskan TNI dan Polri siap menjamin keamanan warga di Wamena.

Paulus menerangkan masih ada warga yang memilih bertahan atau tinggal di Wamena setelah kerusuhan yang menewaskan 33 orang.

Baca juga: Total 4.656 Orang Mengungsi Akibat Kerusuhan di Wamena Papua 

"Kami menjamin keamanannya. Artinya, kekuatan akan kami pertebal, membuat senyaman mungkin saudara kita di Wamena dan sekitarnya. Kami TNI-Polri siap menjamin keamanan itu," kata Paulus usai menyerahkan bantuan di posko pengungsian di Kompleks Batalion Infanteri Raider 751/Vira Jaya Sakti, Sentani, Jayapura, Papua, Selasa (1/10/2019).

Pengungsi di Wamena Papua. (Foto: Okezone)

Ia melanjutkan, Gubernur Papua Lucas Enembe dan Pangdam Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab sudah melakukan peninjauan ke Wamena.

Baca juga: Tidak Hanya Benny Wenda, Pemain Lokal Diduga Ikut Manfaatkan Situasi Papua 

"Beliau sudah menjamin bahwa keamanan. Tapi namanya kejadian luar biasa, ya pasti ada trauma. Trauma ini yang kita sedang buat trauma healing untuk anak-anak dan ibu-ibu. Petugas sedang bekerja untuk memberikan ketenangan bagi mereka," ujar putra asli Papua ini.

Paulus mengatakan, tercatat 4.656 orang mengungsi akibat kerusuhan di Wamena. Mereka mengungsi ke sejumlah tempat di Jayapura.

Dia berharap warga yang mengungsi bisa kembali ke Wamena, menata lagi kehidupannya setelah sempat terpuruk akibat kerusuhan.

"Mudah-mudahan dalam waktu cepat mereka bisa menyadari tentang kejadian itu, dan saudara yang akan kembali ke kampung halaman, kami harap sebentar saja, dan bisa kembali berusaha bekerja," kata Paulus.

Baca juga: Komnas HAM Bakal Ungkap Tragedi Kemanusiaan di Wamena 

"Anak sekolah dan lain-lain akan kita bantu, terutama di Jayawijaya itu, khususnya Wamena."

Paulus berjanji akan berupaya memulihkan keamanan di Wamena dengan meningkatkan komunikasi.

"Pemerintah Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat juga hadir artinya ada komunikasi yang baik. Mudah-mudahan dengan Bapak Gubernur di sini, pemerintah di sini, menjalin komunikasi baik agar cepat memulihkan semua," katanya.

Baca juga: Pasca-Rusuh di Wamena, Aparat-Pemda Minta Masyarakat Tak Tinggalkan Papua 

Pengungsi di Wamena Papua. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini