nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Titik Api di Gunung Arjuno Berhasil Dikendalikan

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 30 September 2019 23:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 30 337 2111232 titik-api-di-gunung-arjuno-berhasil-dikendalikan-1YFfckV6qe.jpg Kebakaran Gunung Arjuno bisa dikendalikan (Foto : BPBD Kota Batu)

BATU - Petugas gabungan berhasil mengendalikan api yang membakar kawasan hutan di jalur pendakian menuju Gunung Arjuno. Guna melakukan pemadaman ini petugas mengerahkan 27 personel gabungan dari petugas BPBD, Tahura, TNI, Polri, dan relawan.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan dari sejumlah titik api yang diidentifikasi tim, telah 80 persen tim gabungan berhasil memadamkannya.

"Hingga Senin sore sudah 80 persen titik api di Gunung Kembar Satu dan Dua bagian barat," ujar Rochim saat dihubungi Okezone, Senin malam (30/9/2019).

Kebakaran di Gunung Arjuno (Foto: BPBD Kota Batu)

Rochim menjelaskan berdasarkan penyisiran tim setidaknya belasan hektar dilaporkan hangus terbakar. Bahkan titik api saat ditelusuri hingga menyebar menuju Lapangan Kota yang ada di lereng timur Gunung Kembar Dua.

Di sisi lain, Kepala UPT Tahura R. Soerjo Ahmad Wahyudi mengatakan kesulitan yang dihadapi tim yakni medan yang cukup landai dengan ketinggian mencapai 2.500 mdpl.

"Area yang terbakar di ketinggian 2.500 mdpl dengan kemiringan 45 derajat. Cukup menyulitkan kami memadamkan api," tutur Wahyudi.

Ia menambahkan akibat kebakaran di jalur pendakian ini pihak pengelola pendakian ke Gunung Arjuno menutup seluruh akses pendakian.

"Kalau pendakian sudah ditutup sejak 17 September sampai batas waktu yang belum ditentukan. Ini karena masih rawan terjadi kebakaran lagi," pungkasnya.

Kebakaran di Gunung Arjuno (Foto: BPBD Kota Batu)

Baca Juga : Azan Berkumandang, Pelajar : Pak Polisi Sudah Dulu, Maghrib Ini

Baca Juga : Bentrok di Sekitar DPR, 18 Orang Dilarikan ke IGD RSPP

Sebelumnya pada Sabtu malam sekitar pukul 19.15 petugas kembali menemukan titik api di kawasan Gunung Kembar yang menjadi jalur pendakian ke puncak Gunung Arjuno dari wilayah Sumberbrantas, Kota Batu.

Tahura R. Soerjo selaku pengelola pendakian Gunung Arjuno pun telah menerjunkan dua tim gabungan dari beberapa instansi. Tim pertama berangkat pada Sabtu malam, sedangkan tim kedua berangkat pada Minggu sore kemarin.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini