Share

3 Kelompok Demonstran 'Perang' Orasi di Patung Kuda

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 30 September 2019 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 30 337 2111097 3-kelompok-demonstran-perang-orasi-di-patung-kuda-gvUzHTzYPX.jpg Sejumlah elemen mahasiswa saat aksi di depan istana (foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Tiga kelompok demonstran saling bersahut-sahutan menyampaikan orasinya di Patung Kuda Wiwahana, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2019).

Ketiga kelompok itu berasal dari Front Mahasiswa Nasional (FMN), kelompok pendukung pengesahan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Aliansi Pemuda Pemersatu Bangsa.

Ketiga kelompok demonstran ini menyampaikan aspirasinya secara berdekatan. Kelompok FMN menyampaikan aspirasinya soal kritikan tentang reforma agraria pemerintahan Jokowi-JK di Jalan Medan Merdeka Barat di sebelah Patung Kuda.

 Baca juga: Soal Perppu KPK, Politikus PKS Sebut Jokowi dalam Posisi Dilema

Sedangkan, massa dari kelompok yang mendukung pengesahan UU KPK menyampaikan aspirasinya di taman dekat Pospol Monas Barat yang bersebelahan dengan kelompok Aliansi Pemuda Pemersatu Bangsa.

"Kawan-kawan mahasiswa kita jangan mau diadu domba," ujar orator dari FMN dari mobil komando. Kelompok ini memiliki massa yang paling banyak karena bergabung dengan kelompok mahasiswa dari Universitas Nasional (Unas).

Demo di Monas

 Baca juga: PDIP Yakin Jokowi Bakal Ajak Parpol di DPR Bicara soal Usul Perppu KPK

Sementara itu orator dari kelompok pendukung UU KPK masih terus saja berorasi dengan mengkritik kepemimpinan Ketua KPK Agus Rahardjo dan lainnya. Kegaduhan itu semakin menjadi-jadi lantaran massa dari Aliansi Pemuda Pemersatu Bangsa justru mengajak semua pihak bersatu lewat mobil komandonya.

"Kita semua anak bangsa harus bersatu padu untuk kemajuan bangsa," ujar orator dari kelompok Aliansi Pemuda Pemersatu Bangsa.

Kegaduan karena 'perang' orasi ini pun sempat berlangsung hingga sekira sepuluh menit. Tampak aparat kepolisian langsung bersiap mengantisipasi terjadinya kerusuhan. Namun, hingga saat ini jalannya aksi demonstrasi masih berlangsung damai.

 Demo di Monas

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini