nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Waktu Pelantikan Presiden, PDIP: Jokowi Taat Aturan

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 30 September 2019 06:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 30 337 2110841 soal-waktu-pelantikan-presiden-pdip-jokowi-taat-aturan-1rghMnTrs8.jpg Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eva Kusuma Sundari menyebutkan Joko Widodo (Jokowi) akan taat pada aturan, yakni bersedia dilantik sebagai presiden terpilih 2019-2024 pada akhir pekan pekan, Minggu 20 Oktober 2019.

Sama halnya dengan Jokowi, Eva pun menilai pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) taat pada aturan. KPU tetap tidak memajukan hari pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung DPR RI sebagaimana yang sudah terjadwal.

“Tapi ya sudahlah kita negara hukum, patuh sama hukum, dan ketika otoritas pelantikan itu diserahkan ke KPU, ya kita serahkan, ikut KPU,” ujar Eva kepada Okezone, Minggu 29 September 2019.

Baca Juga: Jokowi Terima Relawan Pendukungnya di Istana

Jokowi-Maruf Amin

Sebelumnya, usulan untuk memajukan hari pelantikan presiden dan wakil presiden dilontarkan oleh Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi ketika bertemu Jokowi di Istana Negara.

Saat itu, Budi mengusulkan tanggal pelantikan dimajukan karena mengingat pada hari Minggu banyak masyarakat yang berkegiatan, serta juga beribadah.

Mendengar usulan tersebut, Jokowi terlihat menerima masukan itu. Namun, Eva meyakini bahwa Jokowi merupakan seorang tokoh yang akan taat dengan aturan.

“Pak Jokowi juga alasannya masuk akal, masa pelantikan di DPR pas hari Minggu,” tuturnya.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Ide NKRI Bersyariah Berlebihan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini