Suhu Politik Memanas, MUI Harap Masyarakat Bisa Menahan Diri

Sarah Hutagaol, Okezone · Minggu 29 September 2019 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 29 337 2110598 suhu-politik-memanas-mui-harap-masyarakat-bisa-menahan-diri-7gZH57cFu1.jpg MUI (Foto: Ist)

JAKARTA - Beberapa waktu belakangan ini gejolak politik sedang memanas di Tanah Air. Salah satu di antaranya mengenai revisi undang-undang (RUU) yang ditolak hingga menyebabkan aksi massa di depan Gedung DPR RI.

Belum lagi sebelumnya, Papua dan Papua Barat sempat terjadi konflik akibat diskriminatif dan rasisme kepada mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Surabaya, Jawa Timur. Terbaru, kericuhan di Wamena, Papua antarsesama warga. Menurut pihak kepolisian, kejadian itu disebabkan hanya dikarenakan salah paham.

Baca Juga: Jokowi Diyakini Ambil Keputusan Strategis Terkait UU KPK & RUU KUHP 

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia Amirsyah mengimbau agar semua masyarakat dapat menahan diri dalam menyikapi berbagai persoalan yang terjadi di Tanah Air.

"Meminta masyarakat untuk mengedepankan kebersamaan dalam membangun bangsa. Menghindari hal-hal yang merugikan seperti sikap yang dapat memicu konflik," ujar Amirsyah kepada Okezone, Minggu (29/9/2019).

 Demo mahasiswa di DPR

Selain itu, Amirsyah juga berharap kepada pihak pemerintah dan jajarannya untuk bisa melakukan tindakan yang tidak memunculkan kembali konflik-konflik di Tanah Air.

"Pemerintah bersama aparat dan semua pihak sebaiknya pro aktif dalam mencegah agar tidak terjadi konflik," tutupnya.

Baca Juga: Mahasiswa Pastikan Tak Ada yang Menunggangi Demonstrasi Tolak RUU KUHP

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini