nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta di Balik Viral Sepatu Bersimbah Darah Mahasiswa & Pelajar

Ade Putra, Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 01:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 27 337 2110323 fakta-di-balik-viral-sepatu-bersimbah-darah-mahasiswa-pelajar-g4uXel3Vxz.jpg Viral sepatu berdarah disebut bekas demonstasi mahasiswa dan pelajar (Foto : Istimewa)

VIRAL di media sosial berbagai platform membahas tentang sepasang sepatu yang berlumur dengan darah. Sepatu itu diklaim merupakan milik pelajar dan mahasiswa yang sedang memperjuangkan rakyat, agama, bangsa, dan negara melalui aksi demonstrasi.

Salah satunya yang diposting oleh akun Facebook (FB) Ivan. Dalam postingan foto sepatu yang memang tampak berdarah itu, Ivan menuliskan caption atau narasi sebagai berikut:

"SEDARAH: September Berdarah

 

SEPATU JOKOWI KOTOR KARENA DEBU.

 

SEPATU PELAJAR DAN MAHASISWA KOTOR BERSIMBAH DARAH MEREKA SENDIRI, DALAM MEMPERJUANGKAN RAKYAT, AGAMA, BANGSA DAN NEGARA UNTUK KEMBALI KEPANGKUAN IBU PERTIWI.

 

INSTITUSI INI MUSIBAH DAN TRAGEDI BAGI HUKUM ,KEMANUSIAAN , RAKYAT, BANGSA DAN NEGARA.

 

Copas: Lukman Adrian"

Postingan Ivan tersebut ramai dikomentari dan dibagikan kembali oleh netizen. Selain itu, ada juga yang memposting foto sepatu yang sama di Twitter. Seperti akun Twitter @AzzamIzzulhaq. Dengan narasi:

"Sekarang pelajar dan mahasiswa juga sudah kotor sepatunya. Tuan, kini kita sama. #BloodyShoes".

Tangkapan layar tweet akun Twitter @AzzamIzzulhaq itu kemudian diposting ulang akun FB Kurnia Petty di lamannya. Kurnia juga menambahkan narasi sebagai berikut:

"Sepatu anak negeri ini harus kotor oleh darah dan itu karena anda TUAN ...". Kini, postingan Kurnia sudah dibagikan 146 kali saat tangkapan layar diambil, Jumat (27/9/2019). Meski saat ini sudah tidak bisa diakses.

Sepatu darah ternyata dijual tahun 2013

Setelah dilakukan penelusuran dengan menggunakan Google Images, ditemukan fakta bahwa sepatu yang tampak berlumuran darah di gambar klaim tersebut ternyata adalah sepatu kustom yang diberi nama: "Custom Made Bloody Gray ZOMBIE SHOES Chucks Converse All Stars Hi Tops"

Sepatu ini sudah terjual pada 5 Oktober 2013, dijual oleh akun wardrobetheglobe di situs etsy(dot)com.

Baca Juga : Isu yang Akan Disuarakan Massa Mujahid 212 di Istana

Baja Juga : Polisi Bakar 82 Kilogram Ganja yang Disembunyikan di Septic Tank

Adi Syafitrah, salah satu Relawan Masyarakat Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (Mafindo) dalam ulasan periksa faktanya, Jumat (27/9/2019) mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan fakta ini, bisa disimpulkan unggahan akun tersebut adalah disinformasi.

"Karena sepatu di dalam foto tersebut tidak ada hubungannya dengan kondisi pelajar dan mahasiswa saat ini," ujarnya.

Kategorinya, adalah konten yang salah. "Dimana ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah," tegasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini