nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yasonna Mundur, Kemenkumham: Pak Menteri Tak Boleh Rangkap Jabatan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 21:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 27 337 2110286 yasonna-mundur-kemenkumham-pak-menteri-tak-boleh-rangkap-jabatan-O0QuJG6SUm.jpg Menkumham Yasonna Laoly (Foto: Okezone)

JAKARTA - Yasonna Hamonangan Laoly sudah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Karo Humas Kemenkumham, Bambang Wiyomo memastikan bahwa Yasonna mundur karena akan dilantik menjadi anggota DPR RI pada 1 Oktober 2019 mendatang.

"Tapi intinya memang Pak Menteri kan enggak boleh rangkap jabatan," ujar Bambang kepada Okezone, Jumat (27/9/2019).

Yasonna mundur dengan surat resmi yang teregister bernomor M.HH.UM.01.01-168. Ia pun menyampaikan permohonan pengunduran dirinya kepada Presiden Jokowi terhitung mulai 1 Oktober 2019. Ia ungkapkan alasannya karena terpilih sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Utara I, dan tidak diperbolehkan rangkap jabatan.

Yasona

Baca Juga: Yasonna Mengundurkan Diri sebagai Menkumham

Hal itu sesuai dengan Pasal 23 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara, yang menjelaskan 'Menteri dilarang merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan'.

Yasonna turut menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan duduk sebagai Menkumham di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Pihaknya pun meminta maaf bila terdapat banyak kekurangan dan kelemahan.

Surat pengunduran dirinya tertanggal Jumat 27 September 2019 dan ditandatangani Yasonna.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini