Kritisi RUU KUHP, Mahasiswa Disarankan Tempuh Jalur Konstitusi

Achmad Fardiansyah , Okezone · Jum'at 27 September 2019 20:57 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 27 337 2110264 kritisi-ruu-kuhp-mahasiswa-disarankan-tempuh-jalur-konstitusi-mGxixHph7g.JPG Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Gerakan Mahasiswa Peduli Bangsa mengajak berbagai elemen mahasiswa untuk menempuh jalur konstitusi menyikapi adanya revisi sejumlah undang-undang.

"Yang kita lakukan adalah yudisial review karena undang-undang ini dibentuk dengan jalur konstitusi," kata Koordinator Gerakan Mahasiswa Peduli Bangsa, Abraham, di Jakarta Pusat, Jumat (27/9/2019).

Baca juga: Pertemuan Jokowi dengan BEM Se-Indonesia Batal

Sebelum mengajukan uji materi atau judisial review ke Mahkamah Konstitusi (MK), Abraham mengajak kepada segenap mahasiswa untuk menggelar diskusi akademik terlebih dahulu.

"Mari kita bergerak untuk mengkritisi ataupun membuat poin-poin yang mungkin itu merugikan mari kita uji di MK, taoi sebelumnya kita adakan dulu diskusi, mungkin contohnya ada mimbar bebas dalam menyoroti RUU KUHP," ujarnya.

Baca juga: PKS Bersyukur RUU P-KS Ditunda Pengesahannya

Adapun melihat perkembangan gerakan mahasiswa dan pelajar belakangan ini, dia juga menegaskan, gerakan mahasiswa dan pelajar itu tidak memiliki tendensi apapun dalam mendelegitimasi hasil Pemilu 2019.

"(Gerakan Mahasiswa,-red) jangan diplintir. Saya meminta kepada siapapun di Indonesia ini yang berkepentingan jangan kacau balaukan Indonesia, jangan dirusak. Indonesia ini butuh tenang, Indonesia ada harapan menuju Indonesia yang maju," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini