nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Black Box Pesawat Twin Otter Jatuh di Papua Berhasil Ditemukan

Saldi Hermanto, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 16:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 27 337 2110127 black-box-pesawat-twin-otter-jatuh-di-papua-berhasil-ditemukan-hi2y6AMNJo.jpg Tim SAR menemukan blackbox Pesawat Twin Otter jatuh di Papua (Foto: Saldi Hermanto)

TIMIKA - Tim Search and Rescue (SAR) terdiri dari dua personel Vertical Rescue Indonesia, berhasil menemukan black box atau kotak hitam milik pesawat DHC-6 Twin Otter series 400 register PK-CDC yang mengalami kecelakaan di sekitar kampung Mamontoga, Kabupaten Mimika, Papua.

Penemuan kotak hitam pada Jumat (27/9/2019) sekira pukul 06.30 WIT tim menggunakan helikopter SA 315B Lama menuju lokasi jatuhnya pesawat yang berada di sekitaran tebing dengan ketinggian sekitar 4.000 feet.

Komandan Pengkalan Udara (Danlanud) Yohanis Kapiyau Timika, Letkol Pnb Sugeng Sugiharto menjelaskan, waktu pencarian sekaligus pengangkatan kotak hitam dari badan pesawat berlangsung lebih dari 2 jam.

Baca Juga: Cita-Cita Bharada Hadi Utomo yang Gugur Kecelakaan Pesawat Twin Otter di Papua

Blackbox pesawat Twin Otter

Setelah ditemukan oleh saudara Palah Sabaruddin dan Deden Wahyudin dari Vertical Rescue Indonesia, kotak hitam kemudian dibawa ke Ilaga, Kabupaten Puncak menggunakan helikopter SA 314B Lama milik PT Intan Angkasa untuk selanjutnya di evakuasi ke Timika menggunakan pesawat Twin Otter Carpediem Air.

"Tim Vertical Rescue Indonesia sudah melaksanakan pencarian dan didapat black box seperti yang kita lihat," kata Letkol Pnb Sugeng Sugiharto dalam konferensi pers yang digelar Tim SAR gabungan di Bandara Mozes Kilangin Timika.

Kotak hitam yang terdiri dari Flight Data Recorder (FDR) dan Voice Cockpit Recorder (VCR) tersebut kemudian diserahkan kepada tim Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) untuk dilakukan proses investigasi.

"Black box ini akan dibawa oleh tim dari KNKT untuk dilaksanakan pemeriksaan," ujarnya.

Sementara itu, investigator KNKT, Chaerudin, pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas penemuan kotak hitam, selanjutnya pihaknya akan membawa kotak hitam ke laboratorium KNKT yang berada di Jakarta.

Baca Juga: 2 Jenazah Korban Pesawat Twin Otter PK-CDC Berhasil Diidentifikasi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini