Share

Ketua DPR Akan Dukung Jokowi jika Terbitkan Perppu KPK

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 27 September 2019 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 27 337 2110098 ketua-dpr-akan-dukung-jokowi-jika-terbitkan-perppu-kpk-imO8TsYAsZ.jpg Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (foto: Sindo)

JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo yakin Presiden Jokowi sudah memiliki pertimbangan menerbitkan Perppu untuk mengeliminir revisi Undang-undang KPK atau tidak. DPR, kata dia, akan mendukung apapun yang jadi keputusan pemerintah.

"Semua pemimpin memiliki pertimbangan termasuk kami sendiri punya pertimbangan. Tapi yang pasti apapun menjadi keputusan presiden karena UU ini sudah menjadi domain pemerintah, maka kita akan mendukung apapun yang menjadi keputusan pemerintah sesuai dengan koridor hukum yang ada," kata Bambang di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

 Baca juga: Jokowi Kaji Penerbitan Perppu UU KPK, Ketua MPR: Harus Dihormati Semua Pihak

Menurut Bambang, kalaupun Jokowi jadi menerbitkan Perppu, maka urusannya dengan DPR periode mendatang. Pasalnya beberapa hari lagi DPR periode 2019-2024 akan dilantik.

"Selasa (1/10) pelantikan yang baru. Jadi saya menduga pasti itu nanti jatuhnya ke periode yang akan datang," jelas dia.

Sekadar informasi, Presiden Jokowi sedang mempertimbangkan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) atas revisi Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 Baca juga: Langkah Jokowi Kaji Penerbitan Perppu UU KPK Disebut Win Win Solution

Pernyataan itu disampaikan Kepala Negara setelah bertemu dengan berbagai tokoh bangsa di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 26 September 2019.

Di sisi lain, gelombang protes dari eksponen masyarakat yang terdiri dari mahasiswa, pelajar dan LSM terus berdatangan. Mereka turun ke jalan memprotes rancangan undang-undang (RUU) kontroversial, di antaranya revisi UU KPK dan RKUHP.

Gelombang protes tak hanya terjadi di Jakarta, melainkan juga di daerah lainnya. Bahkan di daerah tertentu ada mahasiswa tewas ditembak oleh sosok misterius saat sedang menyampaikan aspirasinya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini