Jokowi Pastikan Korban Meninggal Akibat Gempa Ambon Dapat Santunan

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 27 September 2019 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 27 337 2110072 jokowi-pastikan-korban-meninggal-akibat-gempa-ambon-dapat-santunan-KHSrXCcIh1.jpg Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa korban yang meninggal akibat gempa di Kota Ambon, Maluku, akan mendapat santunan dari negara. Selain itu, pemerintah akan menanggung biaya perawatan kepada para korban luka.

"Saya perintahkan untuk dikirimkan dan kepada korban yang meninggal saya tadi sampaikan ke Menteri Sosial untuk memberikan santunan dan untuk yang luka-luka perawatannya akan ditanggung pemerintah dan terkait kerusakan fisik akibat gempa masih dilakukan pendataan secara detail," ujar Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Jokowi telah menerima laporan dari Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo yang telah melaporkan diperkirakan sebanyak 100 rumah rusak akibat gempa tersebut.

Bangunan rusak akibat gempa Ambon. (Foto : Dok BNPB)

Kemudian, BNPB mencatat sedikitnya 23 orang dinyatakan meninggal dunia dan ratusan orang lainnya mengalami luka-luka dari bencana gempa tersebut.

"Kemarin sore saya sudah mendapatkan data dari Jepala BNPB Jenderal Doni Monardo bahwa gempa di Ambon menewaskan 23 orang dan ratusan luka dan ribuan yang mengungsi," katanya.

Jokowi menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan duka cita yang mendalam atas gempa yang di Ambon. Ia pun telah memerintahkan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dan Mensos Agus Gumiwang segera bergerak ke lapangan di tempat terjadinya gempa guna membantu para korban yang memerlukan bantuan.


Baca Juga : BMKG Mencatat Terjadi 239 Gempa Susulan di Ambon

"Perlu saya sampaikan mengenai gempa yang ada di Ambon, kemarin saya mencoba untuk bertelepon dengan gubernur, sudah dua kali tidak tersambung," tuturnya.


Baca Juga : Korban Meninggal Akibat Gempa Magnitudo 6,8 di Ambon Bertambah Jadi 20 Orang

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini