Polri Janji Transparan dalam Proses Autopsi Jenazah Mahasiswa Kendari

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 27 September 2019 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 27 337 2110039 polri-janji-transparan-dalam-proses-autopsi-jenazah-mahasiswa-kendari-DDwlQtwDU4.jpg Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menegaskan, akan transparan dalam melakukan proses autopsi terhadap jenazah Randi (21). Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari itu diketahui meninggal dalam aksi unjuk rasa.

"Autopsi diminta di tempat yang netral dan disaksikan semua pihak, karena prinsip kami harus netral dan objektif," kata Iqbal dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (27/9/2019).

Dalam memastikan penyebab tewasnya mahasiswa itu, Iqbal mengungkapkan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian sudah mengirimkan tim untuk melakukan proses penyelidikan atas kejadian tersebut.

"Ini akan transparansi mungkin. Saat ini, sejak kemarin Kapolri sudah kirimkan dua (tim), pertama tim Propam dan Itwasum," ujar Iqbal.

Baca Juga: Istana : Kapolri Akan Evaluasi Penanganan Demo 

Ilustrasi

Polri tak mau berspekulasi lebih jauh mengenai tewasnya mahasiswa itu yang diduga akibat peluru tajam. Pasalnya, belum diketahui peluru yang menerjang Randi berasal dari aparat kepolisian atau pihak ketiga yang mencoba untuk perkeruh suasana.

"Tapi kami tetap kedepankan asas praduga tak bersalah. Kami tak tahu apakah pihak ketiga yang ingin ciptakan martir untuk picu gelombang kerusuhan yang lebih besar," kata Iqbal.

Baca Juga: Beredar Hoaks Faisal Amir Korban Demo di DPR Meninggal Dunia 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini