nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Mana-Mana Gerakan Mahasiwa Selalu Damai Tanpa Anarkisme

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 03:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 27 337 2109888 di-mana-mana-gerakan-mahasiwa-selalu-damai-tanpa-anarkisme-3QjPTWw8gn.jpg Ilustrasi demonstrasi di depan Gedung DPR (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menyatakan mahasiswa dalam menggelar aksi unjuk rasa selalu damai, tak mempunyai tujuan untuk membuat kericuhan.

“Saya rasa mahasiswa di mana-mana gerakannya damai, gerakan tanpa anarkisme, gerakan intelektual dan gerakan moral. Tentu kalau aksi yang menghadirkan, melahirkan, menimbulkan dampak kerusakan, itu dugaan saya ada yang menyusupi,” kata Ujang kepada wartawan, Jumat (27/9/2019).

Diketahui dalam gerakan 24 September lalu, mahasiswa menggelar aksi di depan gedung DPR/MPR untuk menolak sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) namun berakhir ricuh.

Mahasiswa salat berjamaah saat menggelar aksi di depan Gedung DPR

Menurut Ujang, apabila demo mahasiswa berakhir ricuh seperti kemarin bukanlah sikap asli mahasiswa, melainkan ada oknum yang memanfaatkan situasi untuk agenda lainnya.

"Saya tidak bisa menuduh siapa di belakang itu karena saya harus berdasarkan fakta. Tapi kalau ada kerusuhan, ada di situ penumpang gelapnya. Siapakah orangnya, jujur saya tidak tahu," tuturnya.

Baca Juga : Polda Metro Dikabarkan Tangkap Dandhy Dwi Laksono Pembuat Film 'Sexy Killer'

Mahasiswa, kata Ujang, hanya menyuarakan pembatalan RUU KUHP, UU KPK dan lainnya. Sehingga tidak mempunyai tujuan untuk berbuat tindakan yang anarkis.

"Itu sudah berlebihan. Itu orang yang memanfaatkan situasi saya rasa. Ini kan gerakan moralnya menolak UU KPK, RUU KUHP dan lain-lain itu," tandas dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini