nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pilkada 2020, Perindo Sumut Buka Pendaftaran Bakal Calon Mulai 1 Oktober

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 21:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 26 337 2109831 pilkada-2020-perindo-sumut-buka-pendaftaran-bakal-calon-mulai-1-oktober-DqloUMxciQ.jpg DPW Perindo Sumut. (Foto : Okezone.com/Wahyudi Aulia Siregar)

MEDAN – Partai Persatuan Indonesia (Perindo) membuka pendaftaran bakal calon (balon) kepala daerah yang ingin bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 untuk wilayah Sumatera Utara melalui partai besutan Hary Tanoesoedibjo. Pendaftaran akan dibuka 1-15 Oktober 2019.

Hal ini diungkapkan Ketua Perindo Sumut, Rudi Zulham Hasibuan, dalam kegiatan silaturahmi bertajuk "Kamis Optimis Bersama Jurnalis" di Kantor DPW Partai Perindo Sumut, Jalan Cut Nyak Dhien Medan, Kamis (26/9/2019).

"Iya kita mulai membuka pendaftaran pada 1 Oktober sampai 15 Oktober. Kita ajak seluruh kader, tokoh dan masyarakat lain yang ingin berkompetisi di Pilkada untuk mendaftar ke Partai Perindo," ujar Rudi didampingi Sekretaris Perindo Sumut, Donna Yulietta Siagian, Bendahara Perindo Sumut, Januazir Chuwardi.

Rudi menjelaskan, pendaftaran dapat dilakukan di kantor-kantor pengurus daerah (DPD) Partai Perindo di masing-masing kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada di 2020.

ilustrasi (Dok Okezone)

"Nanti para balon silakan mengambil formulir ke DPD lalu melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan mengembalikan formulir kembali ke DPD. Nanti DPD akan melakukan seleksi awal sebelum akhirnya diserahkan ke kita (DPW) untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test)," ujarnya.

Uji kelayakan itu direncanakan dapat dilakukan pada pertengahan November 2019. Uji kelayakan dan kepatuta akan melibatkan panelis yang terdiri atas internal Perindo, akademisi, jurnalis, hingga tokoh masyarakat.

"Kita sifatnya merekomendasiakn sesuai fit and proper test yang dilakukan. Kita juga memperhitungkan survei popularitas para calon. Nanti yang memutuskan tetap DPP," tuturnya.

Rudi mengatakan, dalam pencalonan di Pilkada serentak 2020 mendatang, mereka tentunya akan mengutamakan kader. Ia pun berharap kader-kader di daerah-daerah dimana Perindo memiliki kursi DPRD untuk ikut bertarung. Khususnya di daerah-daerah yang jumlah kursinya cukup signifikan hingga bisa membentuk fraksi sendiri.

Seperti di enam daerah, yakni Simalungun, Siantar, Labuhanbatu, Nias Selatan, Sibolga dan Tapanuli Tengah.


Baca Juga : Pilkada Batasi Usia Calon, Politisi Muda Ajukan Gugatan ke MK

“Namun mencalonkan kader tidaklah mutlak. Kita harus melihat dulu potensi kader dari popularitas, elektabilitasnya dari lembaga survei yang kredibel. Itu juga berlaku bagi balon di luar kader dan ditambah dengan komitmennya, visi misinya untuk memajukan Perindo," katanya.


Baca Juga : Begini Jawaban PDIP soal Peluang Gibran Maju Pilwalkot Solo

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini