nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala BNPB Minta Jangan Saling Menyalahkan soal Asap Karhutla

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 26 September 2019 16:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 26 337 2109689 kepala-bnpb-minta-jangan-saling-menyalahkan-soal-asap-karhutla-FRPsYdow0z.jpg Ilustrasi Kebakaran Hutan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo meminta semua pihak untuk tidak saling menyalahkan terkait persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah daerah.

Doni menjelaskan bahwa saat ini merupakan puncak kemarau yang sudah terjadi sangat panjang. Ia pun tak ingin ada pihak yang saling menyalahkan.

"Saya katakan bukan waktunya lagi saling menyalahkan, kemarau panjang ini kan alam, jadi kita menghadapi dua persoalan yang satu persoalan karena perilaku yang kedua faktor alam," ujar Doni di Ruang Serba Guna Dr Sutopo Purwo Nugroho BNPB, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Doni mendorong semua pihak saling berkolaborasi dalam penanganan karhutla. Sehingga, proses pemadaman api dan pencegahan karhutla bisa optimal.

"Kondisi seperti ini harus membuat kita semua berkolaborasi tanpa ada kolaborasi rasanya akan sulit, dan peristiwa kemarau ini tahun depan pasti terulang kembali. Jadi pelajaran kita selama beberapa tahun terakgir ini harus buat kita semakin baik lagi kedepan," terangnya.

Asap

Baca Juga: Bahas Kabut Asap, Mahathir Samakan Kebakaran Hutan Indonesia dengan di Brasil

Mantan Danjen Kopassus itu menerangkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan pemerintah daerah untuk memberikan edukasi dan simulasi agar masyarakat tak lagi melakukan pembakaran karhutla.

Selain itu, Kepala Negara juga meminta Polri untuk menindaktegas para perusahaan yang sengaja melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan perkebunan.

"Kemudian bahwa program yang berhubungan dengan kebakaran ini nggak bisa dilakukan oleh satu lembaga saja, nggak bisa hanya bersandar dengan TNI dan Polri, tetapi harus seluruhnya oleh masyarakat," tandasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini