nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mutilasi Pacarnya, Prada Deri Divonis Penjara Seumur Hidup

Melly Puspita, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 14:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 26 337 2109602 mutilasi-pacarnya-prada-deri-divonis-penjara-seumur-hidup-P9voJ8iIBL.jpg (Foto: Melly Puspita/Okezone)

PALEMBANG - Anggota TNI Angkatan Darat (AD) Prada Deri Pramana yang melakukan pembunuhan dan memutilasi pacarnya sendiri, Vera Oktaria divonis hakim penjara seumur hidup, Kamis (26/09/2019).

Selain pidana pokok penjara seumur hidup, dalam sidang yang dipimpin oleh hakim ketua Mayor Chk M Khazim juga memberikan pidana tambahan untuk Prada Deri Pramana berupa pemecatan dari kesatuan TNI AD.

"Menyatakan terdakwa Deri Pramana, Pangkat Prada terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindakan pidana pembunuhan berencana. Pidana pokok penjara seumur hidup, pidana tambahan dipecat dari dinas militer," ucap Mayor Chk M Khazim.

Medengar vonis yang dibacakan oleh ketua hakim, keluarga Vera Oktaria yang hadir semenjak pukul 09.00 WIB pagi menangis haru. Bahkan ibu korban sempat beberapa kali menyeka air matanya dengan jilbab yang ia gunakan.

(Foto: Melly Puspita/Okezone)

Putusan yang disusun dibacakan hakim setebal 175 halaman. Seluruh sanggahan dari Prada Deri Pramana ditolak oleh majelis hakim, termasuk keberatan Prada Deri kepada kesaksian dari saksi 6.

"Korban pernah bercerita dengan saksi 6 bahwa lebih baik Vera Oktaria mati daripada diambil oleh orang lain. Hubungan terdakwa dan korban tidak lagi harmonis dan beberapa kali terjadi perselihan serta kekerasan kepada korban," kata Mayor Chk Khazim sebelum membacakan vonis.

Sanggahan dari Prada Deri tidak ada yang diterima oleh majelis hakim. Dari keterangan saksi-saksi disimpulkan bahwa pelaku merencanakan pembunuhan terhadap Vera Oktaria.

"Penyebab meninggalnya korban, melalui autopsi karena kekerasan di kepala yang mengakibatkan korban mati lemas, dapat dipergunakan sebagai alat bukti yang sah," ucap Letkol Khazim.

Selain itu, dari tempat yang dipilih oleh terdakwa untuk mengeksekusi Vera Oktaria di Sungai Lilin, Musi Banyuasin dengan jarak kurang lebih 3 jam dari kota Palembang membuat rencana Prada Deri bisa lebih mudah.

"Terdakwaa sudah ada niat untuk melakukan niat pembunuhan. Meyakini memiliki hubungan dengan laki-laki lain, membawa saudari Vera Oktaria ke Sungai Lilin dengan jarak lebih kurang 100 KM dari Palembang jarak tempuh 3 jam agar dapat dengan mudah membunuh korban," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini