Menristekdikti Ingatkan Mahasiswa agar Demonya Tak Ditunggangi Kelompok Lain

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 26 September 2019 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 26 337 2109598 menristekdikti-ingatkan-mahasiswa-agar-demonya-tak-ditunggangi-kelompok-lain-pMbRsYDQsn.jpg Menristekdikti, M Nasir. (Foto: Taufik Budi/Okezone)

JAKARTA - Menristekdikti M. Nasir sudah mengingatkan para rektor agar demo yang digelar para mahasiswa tidak ditunggangi oleh kepentingan kelompok lain. Meski demikian, Nasir tak melarang para mahasiswa untuk menggelar demo soal penolakan terhadap UU KPK dan RUKUHP tersebut.

"Dan saya sudah akan lakukan dialog bersama mahasiswa di seluruh kampus yang ada di Indonesia terutama perguruan tinggi besar negeri maupun swasta," ujar Nasir di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Nasir ingin mahasiswa juga paham soal polemik sejumlah revisi undang-undang (RUU) tersebut. Meskipun, dirinya tak ingin menjelaskan terlalu detail soal polemik RUU tersebut lantaran merupakan kewenangan Menkumham Yasonna H. Laoly.

"Kami sebagai menteri yang urusi bidang Dikti, harapan saya mahasiswa jangan sampai dipengaruhi. Saya tanya pada saat itu, ada yang enggak tahu apa yang didemokan? Tidak tahu," imbuhnya.

Bentrok Mahasiswa dengan Polisi Tak Terhindarkan

Nasir menegaskan bahwa dosen tak boleh ikut berdemo bersama mahasiswa dalam menolak UU KPK dan RUKHP. Dosen harus bisa mengajak dialog para mahasiswanya dengan baik.

"Maka kalau ada itu nanti rektorlah yang bertanggungjawab untuk mengingatkan kepada para dosen. Saya sudah perintahkan kepada Dirjen Pembelajaran untuk sampaikan kepada seluruh rektor jangan sampai gerakan mahasiswa demo ke lapangan, ajaklah dialog dengan baik. Saya khawatir nanti apa yang dia lakukan yang niat baik ditunggangi oleh pihak-pihak yang tidak jelas," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini