nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Motor Wartawan Okezone Dibakar Massa Pendemo, DPR Desak Polisi Telusuri Siapa Dalangnya

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 12:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 26 337 2109540 motor-reporter-okezone-dibakar-massa-pendemo-dpr-desak-polisi-telusuri-siapa-dalangnya-6FbE6dSivn.jpg Anggota Komisi III DPR M Nasir Djamil (Dok Humas Fraksi PKS)

JAKARTA – Sepeda motor milik reporter Okezone Puteranegara Batubara dibakar massa saat meliput unjuk rasa di depan Gedung Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Rabu 25 September kemarin. Anggota Komisi III DPR RI Muhammad Nasir Djamil mendesak polisi mengusut kasus tersebut.

“Polisi harus mengusut ini,” kata Nasir Djamil yang merupakan politikus PKS kepada Okezone, Kamis (26/9/2019).

Dia menyayangkan demo massa pelajar kemarin berlangsung anarkis. Selain melempar aparat keamanan dan Gedung DPR, massa juga merusak fasilitas umum serta membakar motor masyarakat termasuk milik Puteranegara yang sedang bertugas meliput aksi.

Menurutnya aksi tersebut rentan ditumpangi oleh penumpang gelap sehingga berlangsung anarkis. Banyak peserta demo yang masih belia diduga juga tidak paham dengan apa yang mereka suarakan.

“Ini menurut saya ini harus diusut agar ketahuan siapa sebenarnya dalang dari unjuk rasa kemarin itu, kenapa dia kemudian berani untuk melakukan pembakaran,” ujar Nasir Djamil.Motor dibakar

Sepeda motor dibakar massa di luar pagar Gedung DPR (Okezone.com/Puteranegara)

Demo ricuh yang berlangsung hingga Kamis dini hari diduga ada yang menggerakkan.

Nasir meminta polisi menelusuri siapa yang menggerakkan massa tersebut sehingga nekat bertindak brutal dengan melawan aparat, merusak fasilitas umum dan membakar kendaraan wartawan.

“Ini menurut saya harus ditelusuri agar kita tahu siapa sebenarnya yang menggerakkan massa itu,” ujarnya.

Baca juga: Motor Reporter Okezone Dibakar Massa saat Liput Demo di DPR

“Mudah-mudahan saja ada CCTV di sekitar lokasi sehingga mudah mengidentifikasi siapa pelakunya.”

Motor itu jenis Honda Supra X-125 bernomor polisi B 3933 BWV milik Puteranegara dibakar massa di depan pintu masuk Gedung DPR khusus pejalan kaki. Saat itu, dia bertugas meliput sekitar DPR termasuk demonstrasi pelajar.

Dia terjebak karena saat sampai di sana, massa sudah bentrok dengan polisi. Sementara jalan mulai diblokade. Karena massa sudah melakukan pelemparan dan polisi menembakkan gas air mata, Puteranegara tak ada jalan lain selain bergegas turun dari motor lalu menyelematkan diri dengan masuk ke Kompleks Parlemen.

Dia sempat hendak memasukkan motornya ke Kompleks Parlemen, namun petugas pengamanan dalam (pamdal) DPR-MPR melarangnya. Akhirnya motor itu dibiarkan terparkir di depan pintu masuk.

"Yang penting selamatin diri dulu," ujar Puteranegara.

Baca juga: Fahri Hamzah Minta Polisi Usut Massa yang Membakar Motor Reporter Okezone

Celakanya, motor yang jadi tunggangan Putera dalam melakukan tugas jurnalistik sehari-hari jadi sasaran amukan massa dengan cara dibakar sampai hangus. “Ada tiga motor yang dibakar di sini, termasuk punya saya,” kata Puteranegara.

Selain motor, barang barang-barang berharga yang disimpan di dalam boks motor milik Puteranegara juga habis dilalap api seperti tas, handphone, kartu ATM, KTP, SIM A, SIM B, charger handphone, power bank dan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini