Bangunan hingga Jembatan di Ambon Rusak Akibat Gempa M6,8

Hantoro, Okezone · Kamis 26 September 2019 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 26 337 2109475 bangunan-hingga-jembatan-di-ambon-rusak-akibat-gempa-m6-8-2vO2EpOryI.jpg Dua unit rumah di Desa Toisapu, Kota Ambon, rusak berat akibat gempa bermagnitudo 6,8. (Foto: @BNPB_Indonesia)

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bangunan di Universitas Pattimura dan Universitas Kehutanan, Kota Ambon, Provinsi Maluku, mengalami kerusakan akibat guncangan gempa berkekuatan magnitudo 6,8 yang terjadi sekira pukul 06.46 WIB tadi.

Mengutip dari @BNPB_Indonesia, Kamis (26/9/2019), satu bangunan di Univeritas Pattimura rusak ringan. Tampak atap-atap gedung kampus tersebut berjatuhan.

Kemudian kerusakan juga terjadi di Gedung Jurusan Kehutanan Universitas Pattimura. Terlihat plafon-plafon berjatuhan menimpa kursi perkuliahan.

Tembok-tembok dan pilar tampak retak cukup panjang. Bahkan, koridor kampus tertutup runtuhan bangunan.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,8 Guncang Ambon 

Baca juga: BMKG: Gempa M6,8 Ambon Tidak Berpotensi Tsunami 

Selanjutnya bangunan Kantor Ketahanan Pangan Provinsi Maluku di Kota Ambon juga rusak pada bagian bagian plafonnya. BPBD setempat pun masih melakukan pendataan terkait kerusakan akibat gempa ini.

Kerusakan dilaporkan juga terjadi di Jembatan Merah Putih Kota Ambon yang mengalami keretakan. Lalu dua bangunan dua unit rumah di Desa Toisapu, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, mengalami rusak berat.

Sebagaimana diberitakan, terjadi gempa berkekuatan magnitudo 6,8 yang mengguncang Kota Ambon, Provinsi Maluku. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Baca juga: Gempa Magnitudo 3,7 Goyang Maluku Tengah 

Lokasi gempa berada di titik koordinat 3,38 lintang selatan dan 128,43 bujur timur. Jaraknya 40 kilometer timur laut Ambon. Kedalamannya mencapai 10 km.

Belum ada laporan korban akibat gempa Ambon ini.

Masyarakat pun diimbau selalu tenang menyikapi gempa tersebut. Jangan mudah memercayai kabar yang belum dipastikan kebenarannya.

Baca juga: Gempa M5,1 Guncang Labuha Maluku Utara, Tidak Berpotensi Tsunami 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini