Demo Tolak RKUHP di DPR, Massa Pelajar Bentrok dengan Polisi

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 25 September 2019 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 25 337 2109163 demo-tolak-rkuhp-di-dpr-puluhan-pelajar-bentrok-dengan-polisi-x6zkGgcAps.jpg Pelajar dan polisi terlibat bentrok di DPR (foto: Okezone.com/Putera)

JAKARTA - Massa pelajar yang mengenakan seragam menggelar aksi unjuk rasa terkait Revisi KUHP di samping gedung DPR/MPR RI Jalan Gelora, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pantauan Okezone di lokasi, Rabu (25/9/2019). Puluhan pelajar melempari petugas kepolisian dengan batu dan botol, saat mengamankan aksi. Para pelajar membawa sejumlah spanduk yang bertuliskan tidak senonoh, dan juga membawa bendera merah putih.

Hingga saat ini kericuhan masih terjadi, polisi membuat pengamanan brigadi di Jalan Gelora. Arus lalu lintas pun macet akibat kejadian tersebut.

Sebelumnya, ratusan ribu elemen dari beberapa universitas menggelar aksi unjuk rasa terkait dengan Revisi RKUHP di depan DPR/MPR, aksi tersebut pun berakhir ricuh.

Diketahui, akibat aksi tersebut sebanyak 254 mahasiswa menjalani perawatan di rumah sakit pasca-bentrokan yang terjadi saat demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat. Ratusan mahasiswa dirawat di beberapa rumah sakit di Jakarta. Dari angka tersebut, 11 di antaranya harus dirawat inap.

Selain mahasiswa, 39 polisi juga dirawat akibat kericuhan. "Ada petugas polisi sebanyak 39 orang yang alami ada yang terkena batu, tangannya patah dan sebagainya, sekarang dirawat inap," kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini