DPR Sahkan Undang-Undang Pesantren

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 24 September 2019 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 24 337 2108711 dpr-sahkan-undang-undang-pesantren-Xxk1Fp0XAb.jpg Ilustrasi sidang paripurna DPR RI

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pesantren menjadi Undang-Undang. Kesepakatan diambil saat rapat paripurna yang diselenggarakan hari ini, Selasa (24/9/2019).

"Apakah RUU tentang pesantren dapat disetujui menjadi Undang-Undang?” ujar pimpinan sidang Fahri Hamzah di ruang rapat paripurna kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

“Setuju,” jawab anggota yang hadir di ruang rapat diakhiri dengan ketukan palu dari Fahri Hamzah.

Ilustrasi santri mengaji

Setelah disahkan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan pandangan untuk mewakili pemerintah. Lukman berterima kasih atas dukungan legislator terhadap pengesahan RUU Pesantren ini.

"Terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPR yang memberikan dukungan dan perhatian terhadap peningkatan kualitas pesantren di Indonesia," ungkap Lukman.

Lukman berkata dengan adanya UU Pesantren dimunculkan akibat kebutuhan mendesak atas independensi pesantren dalam penyelenggaraan fungsinya sebagai lembaha pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga : DPR Resmi Sahkan RUU PPP Menjadi UU

Baca Juga : Mahasiswa Tolak Mediasi di Gedung DPR, Maunya Wakil Rakyat Turun ke Jalan

Dengan begitu, UU Pesantren diharapkan bisa menjadi landasan hukum, afirmasi dan fasilitator pengembangan pesantren yang ada saat ini.

"Juga mengakomodasi ragam dan varian pesantren yang ada di masyarakat. Besar harapan kita untuk mewujudkan Undang-Undang yang baik dan implementatif yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Lukman.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini