Pemerintah Diminta Dialog dengan Separatis Papua, Moeldoko: Ada Tekniknya

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 24 September 2019 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 24 337 2108647 pemerintah-diminta-dialog-dengan-separatis-papua-moeldoko-ada-tekniknya-Al4ZfHaL1Z.jpg Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan Mendagri Tjahjo Kumolo bertemu anggota DPRD Papua-Papua Barat. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA – Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengomentari keinginan Forum Pimpinan DPRD dan ADKASI se-Tanah Papua agar pemerintah membuka dialog dengan kelompok separatis seperti Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Baca juga: Moeldoko Gelar Dialog dengan Anggota DPRD Papua dan Papua Barat 

Menurut dia, pemerintah harus terlebih dahulu melakukan berbagai langkah guna menyelesaikan konflik yang ada di Bumi Cenderawasih. Moeldoko membenarkan bahwa dialog merupakan jalan terbaik menyelesaikan konflik di Papua.

Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Mendagri Tjahjo Kumolo bertemu anggota DPRD Papua-Papua Barat. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

"Itu ada tekniknya. Nanti secara teknik akan kita pikirkan karena terkait langkah-langkah penyelesaian sehingga secara substansi akan dipikirkan lebih jauh. Pada dasarnya jalan dialog adalah jalan kemanusian. Jadi semua dari kita semua ingin untuk dialog yang terbaik, bermartabat, untuk mencapai kemanusiaan yang tertinggi, sehingga tidak ada satu pun dari kita yang merasa terpinggirkan," ujar Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Baca juga: DPRD se-Papua Sampaikan 8 Aspirasi ke Presiden Jokowi 

Ia menegaskan bahwa pemerintah akan selalu memberikan perhatian yang tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat Papua.

"Ini perlu berkomunikasi baik dengan semua pihak," jelasnya.

Moeldoko menerangkan, Presiden Joko Widodo juga sudah merencanakan bertemu para tokoh Papua dan Papua Barat yang akan difasilitasi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Baca juga: DPRD Ingin Penyelesaikan Konflik Papua untuk Mencontoh Aceh 

Jokowi akan bertemu Gubernur Papua dan Papua Barat, DPRD se-Papua, tokoh mahasiswa, tokoh adat, tokoh agama, hingga para bupati dan wali kota di Bumi Cenderawasih.

"Semuanya akan direncanakan pertemuan. Rencana Pak Mendagri nanti setelah pelantikan (Presiden dan Wakil Presiden, red)," jelasnya.

Baca juga: DPRD Kabupaten Maybrat Minta Jokowi Buka Dialog dengan Kelompok Separatis 

Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Mendagri Tjahjo Kumolo bertemu anggota DPRD Papua-Papua Barat. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini