DPRD Kabupaten Maybrat Minta Jokowi Buka Dialog dengan Kelompok Separatis

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 24 September 2019 12:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 24 337 2108600 dprd-kabupaten-maybrat-minta-jokowi-buka-dialog-dengan-kelompok-separatis-VAtMlpASUo.jpg Ketua DPRD Kabupaten Maybrat, Ferdinando (foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Ketua DPRD Kabupaten Maybrat, Ferdinando Solossa mendorong Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuka dialog pihak-pihak yang bersebrangan seperti Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat (ULMWP), dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Papua Barat.

"Kami minta pemerintah membuka dialog antara pemerintah pusat dan tokoh Papua khususnya yang dipandang memiliki ideologi yang konfrontatif atau berseberangan seperti ULWMP, dan KNPB," ujar Ferdinando di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

 Baca juga: Polri Sebut Kelompok KNPB Dalang Kerusuhan di Wamena

Ia menjelaskan, dialog kepada kelompok separatis itu dimaksud agar pemerintah bisa melibatkan dengan pihak ketiga yang independen, netral, dan objektif dalam menyelesaikan akar persoalan politik di Bumi Cendrawasih.

Ferdinando berharap bahwa berbagai persoalan Papua bisa segera diselesaikan secara bertahap dengan beriringan bersama pembangunan yang dilakukan pemerintah.

 Baca juga: Moeldoko Gelar Dialog dengan Anggota DPRD Papua dan Papua Barat

"Berdasarkan UU kami adalah representasi rakyat sehingga tidak salah kalau kami difasilitasi secara langsung menyerahkan persoalan ini ke Presiden," tandasnya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini