nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Status Hukum 9 Orang Terjaring OTT KPK soal Impor Ikan Diputuskan Hari Ini

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 11:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 24 337 2108591 status-hukum-9-orang-terjaring-ott-kpk-soal-impor-ikan-diputuskan-hari-ini-merhegfC6H.JPG Laode M Syarif.

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang diduga terkait suap kuota impor jenis ikan tertentu. Dalam operasi senyap itu, penyidik mengamankan sembilan orang.

Kesembilan orang yang diamankan antara lain tiga Direksi Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dan enam orang lainnya yang merupakan pegawai Perum Perindo serta pihak swasta.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, pihaknya akan menentukan status hukum sembilan orang yang diamankan dalam OTT, pada hari ini, Selasa (24/9/2019). Mengingat, penyidik memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum.

"Sesuai dengan hukum acara yang berlaku, KPK diberikan waktu paling lama 24 jam untuk menentukan status hukum perkara ini dan status hukum pihak-pihak yang diamankan," kata Syarif, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Sampai saat ini, KPK masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap sembilan orang yang diamankan dalam operasi penindakan tersebut.

Gedung KPK.

"Kami sedang melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap pihak-pihak yang diamankan tersebut di kantor KPK, Jakarta," ucap Syarif.

Tim satgas menyita uang sebesar 30 ribu dolar Singapura atau setara Rp400 juta dalam operasi senyap tersebut. Uang tersebut diduga suap terkait kuota impor jenis ikan tertentu.

"Tim mengamankan barang bukti berupa uang sebesar 30 ribu Dolar Singapura atau lebih dari Rp400 juta. Diduga uang ini merupakan fee jatah kuota impor ikan jenis tertentu yang diberikan Perum Perindo pada pihak swasta," tutupnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini