nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri : Kerusuhan di Papua Diciptakan untuk Curi Perhatian Sidang PBB

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 09:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 24 337 2108517 polri-kerusuhan-di-papua-diciptakan-untuk-curi-perhatian-sidang-pbb-F0S24mgpvF.jpg Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo. (Foto : Dok Okezone.com/Heru Heryono)

JAKARTA – Polri menduga kericuhan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dan Kota Jayapura, Papua, sengaja diciptakan oleh oknum tertentu. Padahal, sebelumnya kondisi di Bumi Cenderawasih itu aman dan tertib.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyatakan, oknum itu sengaja mengatur kerusuhan agar keadaan memanas lantaran saat ini tengah berlangsung Sidang Umum Ke-74 PBB di New York, Amerika Serikat (AS).

"Untuk kejadian Papua, kita harus melihatnya secara luas. Bahwa sedang ada Sidang Umum PBB di New York tanggal 23 sampai 27 September ini," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019).

Demo di Wamena

Dedi menekankan kelompok yang selama membuat onar dengan menjual isu kemerdekaan di Papua ingin mencuri perhatian para peserta Sidang Umum PBB. Mereka hendak memanfaatkan momentum tersebut.


Baca Juga : Polri: Benny Wenda Berperan dalam Kerusuhan di Jayapura

"Kaitannya dengan situasi terkini di Papua, diduga kelompok-kelompok yang mendalangi kerusuhan di Papua memanfaatkan momen untuk mencari perhatian karena sedang ada Sidang Umum PBB," ujar Dedi.

Rangkaian Sidang Majelis Umum ke-74 PBB (United Nations General Assembly-UNGA) sudah dimulai pada 17 September 2019. Para pemimpin berbagai negara berkumpul di Markas PBB di New York, AS.


Baca Juga : Korban Tewas dalam Kerusuhan Wamena Akibat Terjebak di Gedung Terbakar

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini