Dirjen PAS: Luthfi Hasan Ishaaq Keluar Lapas Sesuai Aturan dan Prosedur

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 24 September 2019 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 24 337 2108467 dirjen-pas-luthfi-hasan-ishaaq-keluar-lapas-sesuai-aturan-dan-prosedur-KGVzOpbXKZ.jpg Mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq saat menjalani sidang vonis di Pengadilan Tipikor (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami memastikan keluarnya terpidana perkara suap impor daging Luthfi Hasan Ishaq (LHI) dari Lapas Sukamiskin telah sesuai aturan dan prosedur.

"Sudah sesuai aturan dan prosedur," kata Sri Puguh saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (24/9/2019).

Berdasarkan informasi yang didapatkannya, mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu keluar Lapas Sukamiskin untuk menjadi wali nikah putri kandungnya. Sedangkan perizinannya sudah diajukan sejak jauh-jauh hari kepada kepala lapas.

"Informasi seperti itu. Menjadi wali nikah putri kandungnya menjalankan kewajiban sebagai orang tua," imbuhnya.

Dirjen Pemasyarakatan perempuan pertama di Kemenkum HAM itu mengirimkan lembaran Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Luthfi Hasan Ishaaq

Dalam Pasal 52 PP Nomor 32 itu disebutkan bahwa wargaan binaan memiliki hak untuk izin keluar lapas dalam hal-hal luar biasa. Izin keluar lapas tersebut diberikan oleh kepala lapas.

Masih berdasarkan kebijakan itu, yang dimaksud hal-hal luar biasa salah satunya menjadi wali atas pernikahan anaknya. Kemudian waktu izin keluar lapas paling lama 24 jam dan tidak menginap.

Sekadar informasi, Luthfi Hasan dikabarkan sempat keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Mantan Presiden PKS itu baru kembali ke lapas pada Minggu 22 September 2019 malam hari.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini