nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Jokowi Beda Sikap terhadap Revisi UU KPK dan 4 RUU Lainnya

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 23 September 2019 22:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 23 337 2108429 alasan-jokowi-beda-sikap-terhadap-revisi-uu-kpk-dan-4-ruu-lainnya-yUeY5caJsl.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung pengesahan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK) oleh DPR RI. Namun, sikapnya berbeda dengan revisi undang-undang lainnya seperti RUU KUHP, RUU Minerba, RUU Pertanahan, dan RUU Pemasyarakatan.

Jokowi juga telah meminta DPR untuk menunda pengesahan keempat revisi UU tersebut lantaran masih memerlukan masukan dari masyarakat.

Baca Juga: Aksi Tolak RKUHP Memanas, Mahasiswa Jebol Pagar Gedung DPR 

Kepala Negara mengungkapkan, alasan pemerintah mendukung revisi UU KPK lantaran merupakan inisiasi DPR. Sedangkan keempat RUU lainnya memang disiapkan oleh pemerintah.

"Yang satu itu (RUU KPK) inisiatif DPR. Ini pemerintah aktif, karena memang disiapkan oleh pemerintah," ujar Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Jokowi 

Jokowi sudah melakukan rapat konsultasi dengan pimpinan DPR dan fraksi yang ada di parlemen. Ia pun telah meminta para wakil rakyat untuk menunda pengesahan empat RUU yang tengah dibahas menjelang berakhirnya masa jabatan DPR periode 2014-2019 itu.

"Tadi siang saya bertemu dengan Ketua DPR dan pimpinan DPR serta ketua fraksi dan ketua komisi, yang intinya tadi saya meminta agar pengesahan untuk RUU Pertanahan, yang pertama. Yang kedua, RUU Minerba, ketiga RUU KUHP, kemudian keempat RUU Pemasyarakatan ditunda," tuturnya.

Baca Juga: DPR & Presiden Sepakat Pasal Kontroversi di RKUHP Perlu Perbaikan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini