Polda Sumsel Tetapkan Puluhan Tersangka Karhutla

Melly Puspita, Okezone · Senin 23 September 2019 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 23 337 2108412 polda-sumsel-tetapkan-11-tersangka-karhutla-CUgM2Jm8OD.jpg Polda Sumsel tetapkan 10 tersangka Karhutla (Foto: Melly Puspita)

PALEMBANG - Polisi Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) menetapkan total 27 orang sebagai tersangka dalam kasus pembakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunla). Satu di antara para tersangka merupakan direktur sebuah perusahaan di Kabupaten Musi Banyuasin.

Akibat perbuatan para tersangka ini, mereka terancam dengan pasal berlapis lewat Undang-Undang Kehutanan, Lingkungan hidup dan Perusakan Hutan.

Wakil Kepala Polda Sumsel, Brigjen Pol Rudi Setiawan menjelaskan, dalam dua bulan terakhir terjadi pengingkatan Karhutbunla di Sumsel. Dari hasil penyelidikan juga didapatkan korporasi yang melakukan pembakaran lahan tidak memenuhi standar kelayakan perusahaan.

"PT Hutan Bumi Lestari (HBL) diketahui tidak memenuhi standard kelayakan. Saksi Ahli bilang jika perusahaan ini sangat tidak layak, harusnya mereka menyiapkan peralatan dan mekanisme kelengkapan," ucap Brigjen Rudi Setiawan, Senin (23/9/2019). 

Baca Juga: PKB : Daripada Saling Menyalahkan, Ayo Bersama Atasi Kebakaran Hutan

Karhutla

Menurut Rudi, kasus yang ditangani Polda Sumsel dan jajaran akan segera dilimpahkan ke pengadilan. Setidaknya dari 19 laporan, 27 orang diamankan dan sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Semua sedang kita proses dan akan kita bawa ke pengadilan. Proses ini masih dalam penyelidikan, kita akan segera limpahkan dan tunggu hasil putusan sidang," kata Brigjen Rudi.

Salah satu tersangka yakni Maulana (49), warga Sungai Pinang, Banyuasin, mengaku melakukan pembakaran untuk membuka lahan perkebunan dengan luas kurang lebih setengah hektare.

"Saya menyesal, kami membuka lahan untuk dijadikan lahan pertanian, luasnya ada sekitar setengah hektare. Musim kemarau membuat mudah untuk mengelolah mana," ujar Maulana. (Ari)

Baca Juga: Penderita ISPA Akibat Karhutla Sebanyak 919.516 Orang

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini