nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kendala Cuaca, Tim SAR Hentikan Evakuasi Twin Otter PK-CDC

Saldi Hermanto, Jurnalis · Senin 23 September 2019 15:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 23 337 2108238 kendala-cuaca-tim-sar-hentikan-evakuasi-twin-otter-pk-cdc-TvwlLDCAST.jpg Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Monce Brury (Foto: Saldi Hermanto)

TIMIKA - Tim SAR gabungan menghentikan sementara proses evakuasi terhadap korban dan puing pesawat DHC-6 Twin Otter series 400 nomor register PK-CDC akibat kondisi cuaca memburuk, Senin (23/9/2019).

"Perkembangan terkait pencarian hari ini, sementara kami tutup, hentikan sementara, karena terkendala cuaca di lokasi yang tidak memungkinkan menurunkan personel melakuan evakuasi," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury di Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

Baca Juga: Sejumlah Personel Brimob Amankan Lokasi Jatuhnya Twin Otter PK-CDC

Meski besok, Selasa 24 September 2019 merupakan hari ke tujuh operasi SAR, Tim SAR gabungan masih akan melakukan operasi. Sedangkan untuk kelanjutan operasi SAR setelah hari ke tujuh, selaku SAR Mission Coordinator (SMC) akan melakukan koordinasi dengan Kepala Badan Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional selaku SAR Commander (SC).

"Hari terakhir masih melaksanakan operasi SAR, itu merupakan hari ke tujuh. Tetap dilaksanakan," ujarnya.

Lokasi jatuhnya pesawat Twin Otter

Pagi tadi, telah diberangkatkan ke Ilaga, Kabupaten Puncak empat personel Tim SAR yang akan terjun langsung ke lokasi titik ditemukannya visual serpihan pesawat pada koordinat 4°7'27,11"S/137°29'18,36"E dengan jarak 44 Nautical Mile (Nm) radial 058 derajat dari Timika. Selanjutnya, helikopter SA 315B PK-IWB milik PT Intan Angkasa mengangkut ke empat personel tersebut menuju lokasi.

"Namun, setelah tiba di lokasi, cuaca di lokasi sudah tertutup oleh awan, sehingga tidak memungkinkan untuk menurunkan personel. Oleh karena itu, pilot memutuskan untuk kembali ke Ilaga," ujarnya.

Besok, keempat personel yang disiapkan itu direncanakan akan diterjunkan kembali ke lokasi spot pada pukul 05.30 WIT.

Baca Juga: Cari Korban, Tim SAR Diterjunkan ke Lokasi Jatuhnya Pesawat Twin Otter

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini