nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri Minta Pemda Tuntaskan Persoalan Anggaran Pilkada 2020

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 23 September 2019 14:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 23 337 2108204 mendagri-minta-pemda-tuntaskan-persoalan-anggaran-pilkada-2020-aUkvdzlXB8.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, masih ada sejumlah daerah belum menyelesaikan persoalan anggaran Pilkada serentak 2020. Ia pun meminta agar persoalan itu segera diselesaikan. 

"Untuk Pilkada serentak 2020 di 270 daerah, (saya telah menugaskan) Dirjen Keuangan Daerah dan Dirjen Otonomi Daerah untuk memanggil seluruh daerah tersebut. Kami minta supaya anggarannya cukup dan tercukupi. Ini prinsip ya," kata Tjahjo di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2019).

Baca Juga: Ketua KPU Minta Antisipasi Serangan Siber di Pilkada 2020

Ilustrasi

Sebagai orang yang memiliki kewenangan untuk meneken setiap Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) atau APBD-Perubahan baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, dirinya tahu betul daerah mana saja yang belum tuntas soal anggaran Pilkada serentak itu.

"Masih ada beberapa daerah yang belum ada titik temu antara teman-teman KPUD di daerah dengan pemda. Mohon terus didekati, disinkronkan semoga ada kebutuhan-kebutuhan yang sudah bisa dicapai, dimulai dengan tahapan-tahapan sedikit perubahan untuk tahun anggaran di akhir 2019 ini," ujarnya.

Tjahjo juga meminta agar pemerintah di daerah mengantisipasi pelaksanaan Pemilu serentak baik dari segi keamanan maupun logistik.

"Dukungan pemerintah lewat Kementerian Keuangan. Dan ada tadi juga mulai penghematan dari KPU, netralitas ASN masih ada, kemudian perkara perselisihan hasil Pemilu," katanya.

Seperti diketahui, sebelumnya KPU RI sendiri telah menetapkan dimulainya tahapan Pilkada 2020 yang dilaksanakan di 270 daerah.

Baca Juga: Namanya Masuk Bursa Calon Bupati Malang, Moreno Soeprapto Siap Pulang Kampung

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini