nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri Minta Kepala Daerah Tidak Ragu Cabut Izin Perusahaan Pembakar Lahan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 23 September 2019 13:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 23 337 2108151 mendagri-minta-kepala-daerah-tidak-ragu-cabut-izin-perusahaan-pembakar-lahan-jMPbozewf4.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo. (Foto: Dok Puspen Kemendagri)

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengeluarkan sejumlah imbauan kepada kepala daerah yang di wilayahnya terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Para gubernur, wali kota, atau bupati setempat diminta tidak ragu mencabut izin perusahaan nakal yang terbukti menjadi penyebab karhutla.

Baca juga: Aceh Mulai Diselimuti Kabut Asap 

"Ada kewenangan bupati-wali kota cabut izin. Saya kira itu yang dijalankan. Sampai kongkalikong oknum, korporasi, atau industri yang salah harus cabut izinnya. Itu saja," tegas Tjahjo ketika berada di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Senin (23/92/2019).

Kebakaran hutan dan lahan di Sumatera Selatan. (Foto: BPBD Sumsel)

Kemudian Tjahjo meminta para kepala daerah tidak meninggalkan wilayahnya, seperti kunjungan ke luar negeri, selama kebakaran terjadi.

Baca juga: 675 Titik Api Tersebar di Sumsel, Udara Palembang Paling Berbahaya di Indonesia 

"Kami sudah tiga kali kirim radiogram. Sampai terakhir radiogram untuk tidak tinggalkan tempat," kata Tjahjo.

Lalu dia mengimbau para kepala daerah menyediakan rumah oksigen untuk warga yang terpapar kabut asap karhutla. Meski hal itu memang masih terkendala anggaran, Kementerian Dalam Negeri akan melakukan pendampingan.

"Semua daerah yang tiap tahun potensi kebakaran dan lahan karena ulah manusia, kita dorong ada alokasi untuk anggaran bencana, walau dinas kehutanan enggak ada, tetap dianggarkan," papar Tjahjo.

Baca juga: Kabut Asap di Palembang Masuk Kategori 'Berbahaya', Sekolah Diliburkan 

Kabut asap di Palembang. (Foto: Melly Puspita/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini