nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asal Usul Peretas Situs Kemendagri Sudah Diketahui

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 23 September 2019 12:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 23 337 2108144 asal-usul-peretas-situs-kemendagri-sudah-diketahui-5fnDOT6DtC.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan serangan siber terhadap situs resmi kemendagri.go.id tidak menggangu data informasi milik Kementerian Dalam Negeri. Tjahyo mengaku sudah mengatasi persoalan tersebut.

"Sudah diatasi (peretasan itu) enggak ada (ganggu data), hanya satu itu saja halaman depannya," kata Tjahjo di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Senin (23/92/2019).

Tjahjo menjelaskan, serangan siber tersebut hanya sebatas mengubah tampilan depan pada situs kemendagri.go.id saja.

Kemendagri

Baca Juga: Situs Kemendagri Diretas, Muncul Gambar RIP KPK

Dirinya juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Tim Siber Polri untuk menelusuri pelaku serang siber tersebut.

Bahkan kata dia, saat ini sudah diketahui sipa pelaku yang melakukan hal tersebut. Kendati begiti dirinya enggan menyebut siapa pelaku yang dimaksud.

"Sudah ditelusuri, kita lewat Kominfo, Siber Polri juga minta tolong. Sudah jelas kok tanggalnya, hari apa, jam berapa, arahnya dari daerah mana sudah ketahuan. Karena (teknologi) sudah canggih," paparnya.

Diketahui sebelumnya situs resmi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diduga diretas (hack) oleh pihak tertentu. Saat membuka laman kemendagri.go.id, maka muncul gambar RIP KPK disertai tulisan berwarna hijau 'Your Files is Mine.'

Dalam situ itu juga terdapat tulisan 'Hacked by Security007' beserta tulisan cukup panjang yang seolah menggambarkan kekecewaan masyarakat kepada pemerintah.

Tulisan bernada kecewa itu berbunyi 'kau itu pemimpin, yang gaji kau itu kami, seharusnya kau menuruti apa keinginan kami, bukan keinginan mereka yang berdasi!!! suara rakyat kau batasi, semua kau anggap makar dan diskriminalisasi, kau hanyalah boneka yang diikat tali, tak lebih dari sebuah komedi!!!.'

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini