nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bandara Wamena Ditutup Imbas Demo Rusuh Pelajar dan Warga

Chanry Andrew S, Jurnalis · Senin 23 September 2019 11:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 23 337 2108124 bandara-wamena-ditutup-imbas-demo-rusuh-pelajar-dan-warga-0GvwgHRw63.jpeg Kantor pemerintah di Wamena, Papua terbakar dalam demo pelajar (Istimewa/MNC Media)

WAMENA - Operasional Bandara Wamena di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (23/9/2019), dihentikan sementara, akibat adanya unjuk rasa diwarnai kerusuhan dilakukan para pelajar dan warga. Bandara Wamena ditutup sejak pukul 10.30 WIT tadi.

Kepala Bandara Wamena, Joko Harjani mengatakan, bandara itu ditutup hingga situasi sudah dipastikan aman. Bandara kembali dibuka jika ada permintaan dari kepolisian dan militer selaku otoritas keamanan.

“Saat ini sudah tidak ada pesawat di Bandara (Wamena),” kata Joko.

Sebelum ditutup tadi, ada tiga pesawat kargo lepas landa dari Bandara Wamena.Wamena

Bandara Wamena salah satu bandara tersibuk di Papua karena berada di pegunungan tengah dan jadi pintu masuk ke beberapa kota, sehari rata-rata melayani hingga 120 penerbangan.

Unjuk rasa para pelajar SMA dan beberapa masyarakat ikut bergabung di Kota Wamena sejak pagi tadi, diduga dipicu oleh tindakan rasial seorang guru terhadap siswa. Mereka memprotes tindakan tersebut.

Dalam aksinya, massa membakar beberapa rumah, warung dan kantor pemerintahan. Kantor Bupati Jayawijaya, Kantor Bappeda, Kantor PLN dan lainnya jadi sasaran pembakaran. Massa juga membakar beberapa kendaraan di jalan.

Sejumlah warga mengungsi ke Polres dan Kodim setempat, karena kondisi Wamena dikuasai massa.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini