nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demo Pelajar di Wamena Papua Rusuh, Massa Bakar Kantor Pemerintah dan Rumah

Chanry Andrew S, Jurnalis · Senin 23 September 2019 10:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 23 337 2108076 demo-pelajar-di-wamena-papua-rusuh-massa-bakar-kantor-pemerintah-dan-rumah-oW8M3FuU8a.jpg Beberapa bangunan dibakar massa di Wamena, Papua, imbas demo pelajar (Chanry/MNC Media)

WAMENA – Unjuk massa terdiri dari para siswa SMA dan beberapa masyarakat di Kota Wamena, Papua, Senin (23/9/2019), diwarnai kerusuhan. Massa bertindak anarkis dengan membakar rumah masyarakat, kantor pemerintah, kantor PLN dan beberapa warung.

Unjuk rasa itu diduga kuat dipicu oleh perkataan bernada rasial dari seorang guru terhadap siswanya di Wamena.

"Ada seorang oknum guru pada SMA PGRI Wamena, pada 21 September 2019 kemarin, mengeluarkan kata-kata rasis ke siswanya," kata seorang pelajar di Wamena yang enggan disebutkan namanya.Demo pelajar

Informasi adanya siswa jadi korban rasial kemudian menyebar hingga memicu kemarahan siswa sekolah lainnya di Wamena. Mereka kemudian sepakat turun ke jalan berunjuk rasa memprotes tindakan rasis tersebut.

Namun, unjuk rasa berlangsung rusuh. Massa membakar beberapa bangunan. Mereka juga memblokir jalan dengan membakar beberapa barang di tengah jalan. Sampai saat ini, Wamena masih dikuasai pelajar.

Masyarakat yang khawatir menjadi sasaran massa sekarang memilih mengungsi di Polres Wamena dan Kodim setempat.Demo pelajar

Ratusan aparat kepolisian dan TNI berusaha memukul mundur siswa demonstran, namun para demonstran tetap bertahan dan kian bertindak anarkistis.

Suara tembakan masih terdengar di mana-mana, untuk membubarkan massa.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini