nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Gibran Maju Pilwalkot Solo, Publik Akan Pertanyakan Dinasti Politik Jokowi

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 23 September 2019 07:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 23 337 2108014 jika-gibran-maju-pilwalkot-solo-publik-akan-pertanyakan-dinasti-politik-jokowi-Ualkdh5gtl.JPG Spanduk dukungan terhadap Gibran maju Pilwalkot Solo 2020 (Foto: Bramantyo/Okezone)

JAKARTA - Kans atau peluang putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka menang dalam Pilkada Kota Solo 2020 dinilai cukup besar. Meski begitu, tak dipungkiri bahwa publik akan bertanya-tanya terkait dinasti politik yang sedang dibangun Jokowi.

"Itu hak Gibran untuk maju Pilwakot Solo. Selama undang-undang tidak melarang sah-sah saja. Namun memang publik akan bertanya terkait dinasti politik yang dibangun Jokowi," kata pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin saat dikonfirmasi berbincang dengan Okezone di Jakarta, Senin (23/9/2019).

Ujang memungkinkan narasi Jokowi sedang membangun dinasti politik akan menyeruak apabila Gibran jadi maju dalam Pilkada Kota Solo 2020. Namun, diakuinya bahwa praktik dinasti politik juga sudah terjadi di banyak daerah.

Baca juga: Spanduk Dukungan untuk Gibran Maju di Pilwalkot Solo Bermunculan

"Jika Gibran jadi maju bisa saja Jokowi membangun dinasti. Tapi itulah politik. Apapun bisa terjadi. Dan dinasti politik sudah terjadi di banyak daerah. Mungkin Jokowi juga ingin anaknya jadi politisi. Dulu tak ingin jadi politisi. Seiring berjalannya waktu, anaknya akan maju," tuturnya.

"Sebagai seorang anak Presiden, tentu Gibran berpotensi menang," kata Ujang menambahkan.

Diwartakan sebelumnya, peluang putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka maju dalam Pilkada Kota Solo 2020 melalui PDI Perjuangan (PDIP) sepertinya kecil bisa terwujud. Pasalnya, partai besutan Megawati Soekarnoputri keukeuh mengusung Achmad Purnomo dan Teguh Prakoso sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota.

Gibran Rakabuming

Baca juga: Bakal Usung Gibran di Pilwalkot Solo, PDIP: Dinasti Politik itu Sah

Sinyal yang diberikan PDIP tersebut mendorong munculnya sejumlah spanduk bergambar suami Selvi Ananda di beberapa sudut kota Solo. Spanduk tersebut bertuliskan "Gibran Rakabuming Raka Solo Masa Depan Kita". Pantauan di lapangan, sebelum spanduk itu akhirnya diturunkan Satpol PP, tak tertera siapa yang bertanggungjawab akan spanduk tersebut.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini