nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Langkah Membuat Smart SIM

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 23 September 2019 02:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 23 337 2108000 begini-langkah-membuat-smart-sim-W6qsf1dkd0.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi meluncurkan Smart Surat Izin Mengemudi (Smart SIM) dan aplikasi SIM online. Smart SIM disebut sebagai terobosan yang dikeluarkan Korps Bhayangkara untuk memberikan kemudahan pelayanan masyarakat berbasis IT.

Smart SIM berbeda dengan SIM sebelumnya. Pada SIM jenis baru ini desain kartunya berubah dan fungsinya juga bertambah. Satu di antaranya bisa untuk pembayaran nontunai semacam uang elektronik.

Dilansir dari video yang diunggah akun Instagram resmi Polda Metro Jaya @tmcpoldametro, SIM online telah terhubung di 34 kepolisian daerah (Polda), 456 Satpas SIM, 378 SIM keliling dan 55 gerai SIM. Seluruh pelayanan terintegrasi di pusat data SIM Korlantas Polri.

Untuk mendaftar SIM online bisa memulainya dengan mengakses website resmi sim.korlantas.polri.go.id. Lalu pilih layanan dan registrasi online. Kemudian mengisi form permohonan seperti jenis permohonan SIM baru atau perpanjangan, golongan SIM, alamat email, Polda kedatangan dan Satpas kedatangan.

"Lalumasukkan data pribadi. Pemohon wajib mencantumkan nomor aktif. Jika memasukkan nomor yang salah, maka aplikasi Smart SIM tak dapat diaktivasi," demikian keterangan Polri seperti dilansir dari video yang diunggah akun Instagram @tmcpoldametro.

Loket Samsat

Pemohon kemudian bisa memilih tanggal kedatangan dan menyetujui untuk melakukan registrasi. Setelah semua selesai, pemohon diminta melakukan pembayaran registrasi SIM online pada bank BRI dengan memasukkan kode bayar yang tertera pada website.

"Waktu pembayaran hanya tiga jam dari registrasi. Jika tidak, maka harus registrasi dari awal lagi."

Setelah pemohon melakukan pembayaran, maka kode registrasi akan dikirimkan lewat layanan pesan singkat (SMS) atau surat elektronik alias email. Dengan melakukan registrasi SIM online, pemohon tidak perlu antre lagi saat mendaftar pembuatan SIM.

Pemohon selanjutnya akan menjalani prosedur penerbitan SIM seperti identifikasi-verifikasi, ujian teori, ujian keterampilan mengemudi, hingga praktik kemampuan mengemudi. Jika semuanya selesai, maka pemohon akan mendapatkan Smart SIM.

Chip yang terdapat dalam Smart SIM sudah terpadu dengan data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dan database lainnya. Pengemudi yang telah memiliki Smart SIM dapat mengunduh aplikasi SIM Online di Playstore.

Pada aplikasi itu, pengemudi dapat melihat data forensik kepolisian yang terekam dalam chip Smart SIM tersebut. Kemudian pengemudi dapat melihat traffic attitude record yang berisi rekam jejak pelanggaran atau kecelakaan pengguna SIM tersebut.

Selain itu, Smart SIM dapat berfungsi sebagai uang elektronik untuk transaksi belanja, parkir dan membayar denda tilang. Batas maksimum saldo uang dalam Smart SIM sebesar Rp2 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini