nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim SAR Temukan Serpihan Diduga Pesawat Twin Otter yang Hilang di Papua

Saldi Hermanto, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 11:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 22 337 2107823 tim-sar-temukan-serpihan-diduga-pesawat-twin-otter-yang-hilang-di-papua-63KB1jJA8H.jpg (Foto: Saldi Hermanto/Okezone)

TIMIKA - Setelah lima hari proses pencarian pesawat Twin Otter PK-CDC oleh Tim SAR gabungan. Pada pencarian hari ini, Minggu (22/9/2019), secara visual Tim SAR melihat serpihan yang diduga puing pesawat.

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury, serpihan yang terpantau secara visual tersebut baru sebatas dugaan yang belum bisa dipastikan apakah serpihan yang dimaksud milik pesawat Twin Otter DHC-6 seri 400 atau tidak.

"Kalau dugaan bisa saja itu, semua bisa jadi dugaan. Tapi untuk memastikan apa benar itu, kita belum bisa memastikan," ujarnya.

Proses pencarian masih terus dilakukan untuk menemukan pesawat yang hilang kontak sejak Rabu, 18 September 2019 itu. Fokus pencarian masih pada jarak lokasi 37,5 notical mile (Nm) dengan radius pencarian hingga 5 Nm.

Foto: Ist

Pagi hingga siang ini penerbangan pencarian dilakukan sebanyak tiga sortie, CN-235/AI 2318 milik TNI AU yang dilengkapi kamera pemantau melakukan dua sortie penerbangan dan Heli Bell PK-ZGM yang dikerahkan PT Freeport Indonesia melakukan satu sortie penerbangan.

Saat Tim SAR masih menunggu cuaca membaik guna melanjutkan proses pencarian pesawat Twin Otter yang hilang kontak di dekat wilayah Kampung Hoeya, Kabupaten Mimika. Bahkan, masyarakat sekitaran wilayah itu turut dilibatkan untuk membantu proses pencarian melalui darat.

"Untuk cuaca masih tertutup awan. Artinya lokasi titik duga masih tertutup," katanya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini