nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wakil Kepala BSSN Sebut Manipulasi Mindset Mengintai Indonesia

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 21:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 21 337 2107708 wakil-kepala-bssn-sebut-manipulasi-mindset-mengintai-indonesia-bJ80aKhBEV.jpg Wakil Kepala BSSN Komjen Dharma Pongrekun. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Dharma Pongrekun menegaskan saat ini bangsa Indonesia harus siap memerangi manipulasi pola pikir (mindset).

Ia menilai, sekarang secara tidak langsung, publik sedang digiring untuk masuk ke suatu kondisi yang telah terjadi. Publik seakan tidak mempunyai cipta, rasa, dan karsa yang membawa menjadi seperti robot.

Baca juga: Dharma Pongrekun: Revolusi Industri 4.0 adalah Rekayasa Kehidupan 

"Bukan badan kita robot, tetapi badan kita tetap manusia, dan kita sudah masuk ke sistem tersebut. Bahkan, kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi, dan tidak punya kehendak, lantaran kita sudah dikunci dengan sistem yang ada," kata Dharma di sela-sela diskusi meja bundar bertajuk 'Mengimami Pancasila Merealisasikan Cita-Cita Indonesia', di Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

Dia menerangkan, manipulasi pola pikir bertujuan menciptakan menstandardisasi internasional standar itu.

Baca juga: Lantik Direktur Identifikasi Keamanan Siber, BSSN Berharap Ada Terobosan Baru 

"Internasional standar merupakan sebuah cara untuk menstandarkan semua konsep atau sistem yang ada. Kesannya beragama, tetapi tidak menempatkan Tuhan, terutama di dalam perjalanan hidup kita, sehingga kita dibuat hanya bergantung pada teknologi tersebut," tutur Dharma.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tetap waspada dengan pola-pola memanipulasi pola pikir. Terlebih lagi teknologi yang dapat membawa ke arah manipulasi mindset.

"Namun, manfaatnya justru malah memakan balik kepada penggunanya," ujar Dharma.

Baca juga: Tangkal Kejahatan Siber, BSSN Berharap RUU KKS Segera Disahkan 

Dia mencontohkan bahwa teknologi akan membawa ke jurang manipulasi pola pikir salah satunya melalui gawai.

Dharma mengungkapkan bahwa gadget memiliki kekuatan hipnosis yang dikampanyekan secara struktur, sistematis, dan massif. Ia pun menyatakan bisa membuktikan apa yang telah diucapkan tersebut.

Baca juga: Dharma Pongrekun Bertekad Jadikan BSSN World Class Organization 

"Bagi yang rindu untuk menyelamatkan bangsa, mari kita bergerak secara terstruktur, sistematis, dan masif, terutama menyelamatkan generasi bangsa yang sekarang sudah mulai terpapar," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini