nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim SAR Cari Pesawat Twin Otter di Lokasi Hilang Kontak

Saldi Hermanto, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 21:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 20 337 2107480 tim-sar-cari-pesawat-twin-otter-di-lokasi-hilang-kontak-M2w0r7N2CS.jpg Tim SAR gabungan mencari pesawat yang hilang kontak di Papua (Foto: Istimewa)

TIMIKA - Hingga sore tadi, Jumat (20/9/2019), yang merupakan hari ketiga pencarian pesawat Twin Otter PK-CDC milik PT Carpediem Aviasi Mandiri, Tim SAR gabungan belum menemui titik terang keberadaan pesawat yang hilang kontak sejak Rabu, 18 September 2019 dalam penerbangan dari Timika, kabupaten Mimika menuju Ilaga, kabupaten Puncak, Papua.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury mengatakan bahwa upaya pencarian hari ini dilaksanakan secara maksimal meski cuaca sejak pagi hingga siang kondisi berkabut.

Ilustrasi

Pencarian dilakukan sebanyak 6 sortie menggunakan pesawat perintis milik Susi Air, CN-235 milik TNI AU dan Twin Otter milik PT Carpediem.

"Kita sudah betul-betul maksimalkan, dan sampai sore semua masih nihil. Dengan hasil nihil, tidak ada tanda-tanda signifikan yang bisa kita sampaikan," kata Monce Brury.

Ia menjelaskan, untuk pencarian esok hari, tim masih tetap fokus di lokasi terakhir pesawat mengalami lost contact, yakni di titik jarak 37,5 notical mile (Nm) dari arah Timika, atau 43 mil, dan 15 mile dari Ilaga.

"Karena disitulah titik duga yang kita curigai bahwa pesawat itu mengalami crash disitu. Namun belum bisa kita pastikan, apakah pesawat itu tabrak gunung atau jatuh, itu belum bisa kita pastikan," katanya.

Baca Juga : Cuaca Buruk Hambat Pencarian Pesawat Twin Otter Hilang Kontak di Papua

Selain itu, dalam operasi SAR ini akan memanfaatkan potensi masyarakat yang berada di kampung-kampung terdekat dengan lokasi yang sementara ini menjadi fokus pencarian.

"Kita masih akan melakukan pencarian lebih akurat lagi. Dan kalau tidak ada halangan, besok kita mencoba menggerakan heli untuk lebih maksimalkan lagi pencarian," ujarnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini