nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kecelakaan Beruntun dalam Sebulan Terakhir

Arief Setyadi , Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 20:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 20 337 2107473 5-kecelakaan-beruntun-dalam-sebulan-terakhir-igQ3Gnyb9g.jpg Kecelakaan di Tol Cipularang (Foto: Ist)

KECELAKAAN lalu lintas mewarnai berbagai ruas jalan di Tanah Air selama September 2019. Puluhan korban jiwa melayang, banyak pula yang luka-luka dan kerugian materil fantastis.

Dari catatan Okezone, terdapat sejumlah kecelakaan beruntun yang menarik perhatian dalam sebulan terakhir. Berikut catatannya:

1. Kecelakaan 21 Kendaraan di Tol Cipularang

Pada 2 September 2019, kecelakaan beruntun melibatkan 21 kendaraan terjadi di Kilometer 91+400 Tol Cipularang. Kecelakaan maut itu menewaskan 8 orang, dan puluhan orang luka-luka.

Menurut Dirgakkum Korlantas Mabes Polri, Brigjen Pujiono Dulrachman, kecelakaan itu terjadi pukul 12.30 WIB, berawal dari kecelakaan tunggal yaitu dump truck pengangkut tanah terbalik jalur kanan, karena kelebihan muatan.

Baca Juga: Sopir Pikap Jadi Tersangka Kecelakaan Maut di Tasikmalaya

Ketika hendak dievakuasi, kendaraan yang berada di belakang dump truck hilang kendali, dan terjadilah tabrakan beruntun. Dua sopir dump truck berinisial DH dan SB dan Manajer perusahaan truk PT JTJ, HG alias Mingming ditetapkan tersangka.

2. Kecelakaan 5 Kendaraan di Bintaro 

Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Boulevard Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Jumat 6 September 2019 sekira pukul 16.00 WIB.

Kecelakaan beruntun di Bintaro

Kecelakaan bermula saat kendaraan jenis truk melaju dari arah Pondok Aren menuju Bintaro sektor 5. Sesampainya di Jalan Boulevard Bintaro Sektor 7, di depan Ruko Bintaro Arcade 1, sopir truk diduga mengantuk sehingga hilang kendali.

Kecelakaan beruntun pun terjadi melibatkan lima kendaraan, yakni truk Hino Dump Truck B 9383 KYV, Toyota sedan Mark X B 2262 STE, Daihatsu Ayla B 1514 FRL, Toyota Sienta B 1101 WOS, dan Toyota Innova B 1854 CKX.

Baca Juga: Fakta-Fakta di Balik Tabrakan Ambulans vs Truk di Tol Pejagan yang Tewaskan 5 Orang

Beruntung dalam kecelakaan tersebut tak ada korban jiwa. Namun, hanya ada kerugian materil kendaraan mengalami kerusakan. Sopir truk milik PT Talenta Putra Utama yang sedang mengangkut tanah dari proyek di kawasan Sentul, Bogor menuju Bandara Soekarno Hatta ditetapkan tersangka.

3. Kecelakaan 5 Kendaraan di Tol Cipularang

Kecelakaan kembali terjadi di Tol Cipularang, di KM 92 arah Jakarta, pada Selasa 10 September 2019 sekira pukul 14.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, hanya korban luka dua orang.

Kecelakaan melibatkan dua kontainer dan tiga kendaraan kecil. Saat kejadian, Kontainer melintang di lajur 1 dan lajur 2 tol. Kecelakaan berawal satu dari dua kontrainer mengalami rem blong.

"Kecelakaan dipicu rem blong kemudian menabrak kontainer lainnya dan tiga kendaraan kecil," kata General Manager PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Dwi Winarsa melalui pesan singkat, Selasa 10 September 2019.

4. Kecelakaan 3 Kendaraan di Senayan

Sebanyak tiga kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di depan Pintu 7, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu 14 September 2019 siang. 

Ketiga mobil tersebut yakni, Kia Picanto warna putih dengan nomor polisi B 2209 TBI, Suzuki Ertiga silver bernopol B 1583 FZG dan Daihatsu Xenia hitam dengan nomor polisi B 1353 EMK.

Mobil Kia mengalami ringsek di bagian depan, Ertiga ringsek di bagian belakang, sedangkan Xenia penyok di bodi belakang.

5. Kecelakaan Truk dan Mobil di Tol Tangerang

Ruas Tol Jakarta-Tangerang tepatnya di KM 13 dekat rest area terjadi kecelakaan melibatkan truk trailer, truk tangki, mobil sedan dan minibus, pada Jumat 20 September 2019 siang.

Akibat kecelakaan tersebut, mobil sedan warna hitam merek Toyota Camry B 1898 TAG mengalami rusak parah. Sementara mobil minibus jenis Toyota Innova B 1404 VOI warga abu-abu berada di atas kap depan mobil sedan tersebut.

Mobil Innova yang ada di bagian paling depan juga rusak parah di bagian depan, terutama pada bagian kap mesin. Kedua pengemudi mobil mengalami luka serius, Lauretto Mulyono pengemudi Camry luka di kepala.

Sementara pengemudi Innova Muhammad Faris luka memar di bagian dalam tubuh. Keduanya dibawa ke Rumah Sakit Siloam untuk menjalani perawatan.

Berdasarkan keterangan awal, kecelakaan disebabkan truk trailer dengan nomor polisi B 9597 QT yang melaju dari arah Jakarta menuju Bitung menabrak mobil Toyota Camry di depannya, yang kemudian menabrak mobil Inova.

"Keterangan saksi awal itu karena truk menabrak Camry, kemudian Camry menabrak Innova" kata Kasubag Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim.

Senada diutarakan Marketing and Communication Departement Head of PT Jasa Marga, Irra Susiyanti, kalau kecelakaan bermula saat truk tangki yang melaju dari arah Jakarta menuju Tangerang berhenti mendadak di lajur kanan.

Hal itu membuat pengemudi Innova kehilangan kendali dan menabrak bagian belakang truk tangki. Peristiwa tersebut berimbas pada 2 kendaraan lain yang berada di belakang mobil Innova.

Akibatnya, Camry yang melaju di belakang Innova menabrak bagian belakang mobil tersebut disusul satu unit truk dengan nomor polisi B 9597 QT yang menabrak bagian belakang mobil Camry.

Identitas dari pengemudi truk tangki yang menjadi penyebab kecelakaan belum diketahui, karena langsung melarikan diri begitu mobil Innova di belakangnya menabrak bagian belakang truk.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini