nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Sebut Asap di Pekanbaru Sudah Clear, Langit Terlihat Biru

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 15:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 20 337 2107319 polri-sebut-asap-di-pekanbaru-sudah-clear-langit-terlihat-biru-DAMlh9FcPq.jpg Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal (Foto: Puteranegara/Okezone)

JAKARTA - Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal mengatakan, kondisi asap di Pekanbaru, Riau tidak seperti diberitakan media massa. Saat ini, kondisi asap di Pekanbaru sudah baik setelah dilakukan penanganan. 

Hal itu kata Iqbal berdasarkan pemantauannya langsung di Pekanbaru, Riau saat mendampingi Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian ke lokasi asap.

"Di sana situasi sebenarnya di Pekanbaru dan sekitarnya, setelah pukul 11.12 WIB semua clear langit biru nampak, artinya tidak seutuhnya benar apa yang disampaikan media," kata Iqbal di Mabes Polri, Jumat (20/9/2019).

Baca Juga: 249 Orang dan 6 Korporasi Jadi Tersangka Karhutla Sumatera-Kalimantan

Iqbal mengatakan, masyarakat pun sudah bisa leluasa beraktivitas seperti biasanya. Anak-anak yang sebelumnya diliburkan kini sudah kembali ke sekolah.

"Seluruh masyarakat beraktivitas seperti biasa yang sekolah, yang beribadah berekonomi, bahkan sampai malam keluar di taman-taman banyak ramai. Jadi tidak seutuhnya benar bahwa asap itu sangat darurat disitu di Pekanbaru," ungkapnya.

Pemadaman Karhutla

Namun demikian, kata dia, kondisi itu baru terlihat di Pekanbaru. Untuk wilayah lainnya seperti di Kalimantan pihaknya belum bisa memastikan langsung hal tersebut. "Saya belum mengecek di daerah lain ya saya kira itu," tuturnya.

Iqbal mengklaim, bahwa sejauh ini penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera dan Kalimantan sudah efektif.

"Kan bisa lihat publik 249 (jadi tersangka) loh, banyak korporasi dan ini akan terus di dalami dan progres tidak nutup kemungkinan ada tersangka baru dan pasal baru, ada beberapa oknum yang akan kita temukan ketika penyidik andalan Mabes dikirim ke sana dan dipimpin direktur berpangkat bintang 1 Pak Fadli disitu udah satu minggu," ujarnya.

Baca Juga: 5 Penerbangan Delay Akibat Kabut Asap di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini