nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melongok Kalisosok, Penjara dengan Tempat Penyiksaan di Ruang Bawah Tanah

Syaiful Islam, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 11:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 20 337 2107304 melongok-kalisosok-penjara-dengan-tempat-penyiksaan-di-ruang-bawah-tanah-ORTRJqLLsT.jpg Penjara Kalisosok, Salah Satu Bangunan Tertua di Surabaya, Jawa Timur (foto: Okezone/Syaiful Islam)

SURABAYA - Penjara Kalisosok menjadi salah satu bangunan tua yang ada di Kota Surabaya. Penjara tersebut terletak di Jalan Kalisosok, tepatnya di sekitar JMP.

Bangunan ini dulu pada zaman Belanda dijadikan tempat menahan narapidana. Serta untuk menahan para tokoh pergerakan Indonesia. Dalam Penjara Kalisosok ini juga ada penjara bawah tanah, yang dijadikan tempat penyiksaan para tahanan.

"Kalisosok dibangun pada tahun 1808 saat zaman Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Herman Willem Daendels," terang Sejarawan di Surabaya, R.N. Bayu Aji.

Infografis Kota Tua di Indonesia (foto: Okezone)	 

Menurut Bayu Aji, dahulu penjara Kalisosok digunakan untuk penahanan narapidana dan juga tahanan para tokoh pergerakan Indonesia. Terkenal juga penjara bawah tanahnya sebagai tempat penyiksaan.

"Dulu pernah digunakan untuk tahanan tapol pasca 1965 sebelum dipindahkan ke Buru dan Nusakambangan," papar dosen Unesa tersebut.

Sekarang, sambung Bayu Aji, Kalisosok di sisi luar dindingnya dihiasi mural dan grafiti sehingga sempat ramai dan buat foto-foto turis (Instagramable). Saat ini penjara Kalisosok tidak ditempati untuk menahan narapidana, melainkan sudah kosong.

"Para narapidana dipindah ke Lapas Porong dan Lapas Medaeng. Sekarang Penjara Kalisosok sudah dijadikan cagar budaya oleh Pemkot Surabaya," tutur dia.

Lipsus Kota Tua Penjara Kalisosok, Surabaya, Jawa Timur (foto: Okezone/Syaiful Islam)

Sementara Kabag Humas Pemkot Surabaya, M Fikser, menyatakan Penjara Kalisosok merupakan salah satu bangunan yang mempunyai nilai sejarah di Kota Pahlawan ini.

"Ada rencana pemkot kesitu (untuk dijadikan tempat wisata)," terang pria asal Papua ini.

Lipsus Kota Tua Penjara Kalisosok, Surabaya, Jawa Timur (foto: Okezone/Syaiful Islam)

Nama Kalisosok sendiri diambil dari nama sebuah daerah di Surabaya Utara, tepatnya berada di sebelah utara Jalan Rajawali. Bagian pintu masuk penjara Kalisosok terlihat masih sangat kuat. Di atasnya terdapat ruang kantor para sipir penjara.

Untuk dinding pagarnya setinggi sekitar 3 meter. Penjara Kalisosok sendiri dibangun diatas lahan seluas 3,5 hektar. Banyak tokoh perjuagan yang dipenjara di Kalisosok di antaranya WR Supratman dan Kiai Haji Mas Mansur serta HOS Tjokroaminoto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini