nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Anggota KKB di Aceh Tewas Ditembak, Polri: Sudah Dibuntuti Sejak Awal

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 14:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 20 337 2107268 4-anggota-kkb-di-aceh-tewas-ditembak-polri-sudah-dibuntuti-sejak-awal-N8f6POdH5o.jpg Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Polisi menembak mati empat anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Gampong Keude, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Polisi mengungkapkan sudah melakukan pengintaian terhadap kelompok tersebut.

"Polda Aceh yang sudah ikuti KKB itu. Sudah beberapa hari dan berhasil. Di Bireun ketemu dan langsung disergap. Terjadi kontak tembak dan kita berhasil melakukan pelumpuhan dan terukur," kata Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/9/2019).

Baca juga: Polisi Baku Tembak dengan KKB di Aceh, 4 Orang Dikabarkan Tewas 

Ia mengatakan KKB pimpinan Abu Razak itu memang sudah masuk daftar pencarian orang (DPO). Mereka kerap melakukan kejahatan berupa perampokan dan tidak segan melukai korbannya.

"Pimpinannya dan seluruh anggota memang DPO. Pelaku jadi buron yang sudah beberapa kali lakukan aksi kejahatan perampokan dan kekerasan. Mudah-mudahan dengan dihentikan KKB, tidak ada aksi merugikan masyarakat," tutur Iqbal.

Ilustrasi baku tembak. (Foto: Shutterstock)

Selain keempat orang tersebut, polisi juga mengamankan satu anggota KKB yang saat ini dalam kondisi kritis. Sekarang dia telah dibawa ke Rumah Sakit Bahayangkara Banda Aceh. Nantinya polisi menggali keterangan dari pelaku guna mendalami KKB ini.

"Mereka punya senjata. Bayangin sipil punya senjata dari mana? Ini sedang didalami, mudah-mudahan yang kritis, sehat. Kita bisa dalami untuk buka tersangka lain," bebernya.

Baca juga: KKB yang Baku Tembak dengan Polisi di Aceh Pimpinan Abu Razak 

Iqbal memperkirakan sejauh ini masih ada belasan anggota KKB yang berkeliaran di Aceh. Namun, ia meyakini kelompok tersebut bisa ditangani.

"Masih banyak ya, tapi enggak begitu. Mungkin bisa tinggal 10 atau 15 lagi," tuturnya.

Seperti diberitakan, baku tembak berawal dari polisi yang mendapat informasi KKB pimpinan Abu Razak turun dari Bukit Cerana, Kecamatan Simpang Mamplam, dengan menggunakan mobil Toyota Avanza bernomor polisi BL-1342-R menuju Banda Aceh.

Baca juga: Kronologi Baku Tembak Polisi dengan KKB di Aceh 

"Kemudian Satgas Penindakan KKB melaksanakan pengejaran hingga depan Kede Tringgadeng Kabupaten Pidie Jaya. Kemudian terjadi baku tembak antara KKB yang dipimpin Abu Razak dengan Satgas Penindakan KKB," ujar Dir Reskrimum Polda Aceh Kombes Agus Sarjito.

Ilustrasi korban baku tembak. (Foto: Shutterstock)

Pihak kepolisian juga menyita barang bukti berupa satu senjata AK 56 lipat, revolver, peluru AK dan revolver berjumlah 100 butir.

Baca juga: KKB Pimpinan Egianus Kogoya "Turun Gunung" Manfaatkan Situasi di Papua 

Beberapa waktu lalu KKB pimpinan Abu Razak ini diketahui menculik dan memeras seorang warga Bireun, Aceh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini