nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres China Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 14:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 20 337 2107251 wapres-china-akan-hadiri-pelantikan-jokowi-ma-ruf-G4lT21WpNB.gif Wapres China Wang Qishan (Foto: Reuters)

JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan, kedatangan Penasihat Hubungan Luar Negeri Presiden Republik Rakyat China, Song Tao ke Tanah Air guna mengucapkan selamat atas kemenangan Joko Widodo (Jokowi) di pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Dikatakannya, dari pertemuan itu disebutkan kalau Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan juga dijadwalkan akan hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf pada 20 Oktober 2019. Menurut Fachir, Presiden Jokowi merasa terhormat atas kehadiran orang nomor dua di China itu.

"Kedua (Negara) ingin menyampaikan komitmen Tiongkok untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama dengan Indonesia," ujar Fachir di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

Baca Juga: PKS Apresiasi Sikap PAN yang Dukung Jokowi Tanpa Minta Kursi Menteri

Jokowi-Maruf Amin

Selanjutnya, Presiden Jokowi maupun Penasihat Presiden Xi Jinping untuk urusan luar negeri itu juga sepakat untuk terus mengupayakan berbagai macam kerja sama antara lain di bidang perdagangan," ujarnya.

Fachir menilai, kondisi ekonomi dunia menjadi tantangan bagi kedua negara untuk bersama-sama mengantisipasi dampak negatifnya agar tidak berpengaruh untuk Indonesia-China.

"Secara khusus bidang perdagangan, Presiden berharap impor Tiongkok CPO ditingkatkan dan juga berbagai komoditas lain seperti buah-buahan dan aquatic," tuturnya.

Baca Juga: Gerindra Hormati Sikap PAN yang Mendukung Jokowi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini