nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkait Pengganti Menpora, PKB: Kami Serahkan ke Presiden Jokowi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 07:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 20 337 2107100 terkait-pengganti-menpora-pkb-kami-serahkan-ke-presiden-jokowi-xQITRPpNhP.jpg Eks Menpora Imam Nahrowi (foto: Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), M Hassanudin Wahid mengaku pihaknya tak mempersiapkan kader untuk menggantikan Imam Nahrawi yang mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kekosongan kursi Menpora.

Seperti diketahui, Imam mengundurkan diri dari jabatan Menpora setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Politikus PKB itu sebagai tersangka kasus dugaan suap dana hibah KONI kepada Kemenpora.

"Tidak ada (kader yang disiapkan mengantikan Imam untuk mengisi jabatan Menpora)," kata Hasanuddin kepada Okezone, Jumat (20/9/2019).

 Baca juga: Umumkan Pengunduran Diri, Imam Nahrawi Minta Maaf ke Jokowi-JK

Apabila nantinya Jokowi tak lagi memilih kader partainya sebagai Menpora, kata dia, pihaknya juga tak akan mempernasalahkannya. Sebab itu merupakan hak prerogatif seorang kepala negara.

"Serahkan sepenuhnya ke Presiden," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, KPK menduga mantan sekjen PKB itu menerima uang suap Rp14,7 miliar melalui Asisten Pribadinya, Miftahul Ulum, dalam rentang 2014-2018. Pria kelahiran Bangkalan, Madura itu juga diduga meminta uang Rp11,8 miliar dalam rentang waktu 2016-2018.

”Sehingga total dugaan penerimaan sebesar Rp26,5 miliar,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih, KPK, Jakarta, Rabu.

 Baca juga: KPK soal Imam Nahrawi Tersangka: Tidak Ada Motif Politik

Menurut Alex, uang itu merupakan commitment fee atas pengurusan proposal hibah yang diajukan oleh KONI kepada Kemenpora Tahun Anggaran 2018. Uang diduga digunakan untuk kepentingan pribadi Nahrawi dan pihak terkait lainnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini