Dampak Kabut Asap, Wings Air Tak Bisa Mendarat di Bandara Silangit

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Kamis 19 September 2019 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 19 337 2106868 dampak-kabut-asap-wings-air-tak-bisa-mendarat-di-bandara-silangit-jfcHBMno6S.jpg Ilustrasi Wings Air (Foto: Ist)

MEDAN - Pesawat dari maskapai penerbangan Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1296 tujuan Kualanamu-Silangit, gagal mendarat di Bandara Silangit, Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Kamis (19/9/2019).

Itu karena kondisi udara di atas Bandara Silangit, tengah diselimuti kabut asap hingga mempengaruhi jarak pandang pilot. Pesawat yang terbang pada pukul 07.10 WIB, dan dijadwalkan tiba di Bandara Silangit pada pukul 08.55 WIB itu pun terpaksa kembali (Return to Base/RTB) ke Bandara Internasional Kualanamu, di Deliserdang, Sumatera Utara.

"Baru ini terbang, landing dari Kualanamu dan takeoff lagi di Kualanamu," kata Sugiharto, salah seorang penumpang.

Baca Juga: Pakar Kesehatan: Kualitas Udara 'Sangat Berbahaya' Akibat Asap Karhutla 

Manager Hukum dan Humas PT Angkasa Pura II Cabang Kualanamu, Wisnu Budi Setianto ketika dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut. Ia mengaku pesawat diperintahkan untuk kembali lantaran alasan keselamatan.

Wings Air

Hingga saat ini, penerbangan pesawat tersebut masih ditunda keberangkatannya. Penundaan dilakukan hingga jarak pandang di Bandara Silangit membaik dan aman untuk penerbangan.

"Untuk penerbangan lainnya belum ada info," ujar Wisnu.

Sebelumnya, pada Rabu 18 September 2019 kemarin, dua penerbangan dari Bandara Internasional Kualanamu ke Pulau PInang terpaksa dibatalkan. Sebanyak 8 penerbangan lainnya juga terpaksa ditunda (delay) karena kondisi kabut asap di bandara tujuan.

Baca Juga: 281 Titik Api Terpantau di Sumsel, Status Udara Sempat 'Berbahaya'

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini