nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Getaran Gempa Tuban Terasa hingga Bandung dan Denpasar

Erha Aprili Ramadhoni, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 15:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 19 337 2106851 getaran-gempa-tuban-terasa-hingga-bandung-dan-denpasar-iLxUWmlUnD.jpg ilustrasi pendeteksian gempa. (Foto : Shutterstock)

JAKARTA – Getaran gempa dengan magnitudo 6 yang mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur, terasa hingga sejumlah daerah lainnya, Kamis (19/9/2019).

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), getaran gempa tersebut terasa di wilayah lain dengan skala berbeda.

Di Denpasar, Bali, getaran lemah hingga ringan dari gempa yang berpusat di laut, kawasan Tuban.

Begitu juga dengan wilayah lainnya, seperti Malang, Surabaya, dan Madura, Jawa Timur; getaran terasa lemah. Di Mataram, Lombok, dan Bima, getaran dari gempa tersebut juga terasa, meski lemah. Bahkan, getaran gempa tersebut terasa hingga Bandung dan Yogyakarta.

Gempa guncang Tuban. (Foto : Twitter/@infoBMKG)

"#Gempa Mag:6, 19/09/2019 14:31:58 (Pusat gempa di laut 56 km Barat Laut Tuban), Kedlmn:648 Km Dirasakan (MMI) III Tuban, III-IV Denpasar, III Malang, III Madura, II Bandung , II-III Jogjakarta, II-III Surabaya, II-III Tuban, III Mataram, III Lombok, III Bima, #BMKG," tulis akun @infoBMKG, seperti dikutip Okezone.

Sekadar diketahui, wilayah Tuban, Jawa Timur, dua kali diguncang gempa pada Kamis (19/9/2019) sore. Gempa dengan magnitudo 5,6 disusul 6,0 mengguncang daerah tersebut.


Baca Juga : Tuban Dua Kali Diguncang Gempa Besar, Tidak Berpotensi Tsunami

Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 648 dan 656 km, arah barat laut Tuban. Meski begitu, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.


Baca Juga : Gempa Tuban, BMKG: Belum Ada Laporan Kerusakan dan Korban Jiwa

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini