nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim SAR Lanjutkan Pencarian Pesawat Twin Otter yang Hilang Kontak di Papua

Saldi Hermanto, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 09:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 19 337 2106662 tim-sar-lanjutkan-pencarian-pesawat-twin-otter-yang-hilang-kontak-di-papua-iUTLhz3jQr.JPG Tim SAR gabungan lanjutkan pencarian pesawat Twin Otter yang hilang kontak di Papua (Foto: Saldi Hermanto/Okezone)

TIMIKA - Tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian terhadap pesawat Twin Otter DHC-6 seri 400 PK-CDC yang hilang kontak saat melakukan penerbangan dari Timika, Kabupaten Mimika menuju Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Rabu 18 September 2019 kemarin.

Pencarian hari kedua selain dilakukan ke lokasi terakhir pesawat hilang kontak, atau jarak 38 notical mile (Nm) dengan arah atau heading 55 derajat di wilayah Kabupaten Puncak, juga melebar ke wilayah Distrik Jila, Kabupaten Mimika setelah mendapat informasi yang belum diketahui kebenarannya.

Tim SAR Gabungan

Sebab, sejak pagi tadi, Kamis (19/9/2019), tim SAR mendapat adanya informasi yang menyebutkan bahwa diduga pesawat mendarat darurat di wilayah itu dan para korban di evakuasi ke Puskesmas Jila.

Baca juga: Pesawat Twin Otter Hilang Kontak dalam Penerbangan di Papua

"Berdasarkan informasi dilapangan tentang adanya info-info bahwa korban ada di Jila, maka kami coba memanfaatkan informasi itu dengan coba mengarah ke arah Jila. Kita belum memastikan itu informasi yang akurat, kita menunggu tim yang saat ini sedang menuju Jila untuk memastikan," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury.

Tim SAR Gabungan

Brury menjelaskan, pencarian pertama pagi tadi pukul 06.12 WIT menggunakan Twin Otter PK-CDJ terbang selama satu jam dan terpusat di lokasi terakhir pesawat hilang kontak, belum membuahkan hasil. Selanjutnya pencarian kedua menggunakan Caracal milik TNI AU yang terbang sekitar pukul 08.00 WIT, juga belum membuahkan hasil.

Baca juga: Menhub Cari Tahu Penyebab Pesawat Twin Otter Hilang Kontak di Papua

"Pencarian hari ini kami mulai tadi dari 06.12, tim sudah bergerak dengan menggunakan pesawat Twin Otter PK-CDJ dengannya jumlah personel yang terlibat dari tim SAR gabungan 13 orang, termasuk kru pesawat. Hasil pencarian masih nihil. Sekitar pukul 08.00 satu tim lagi sudah berangkat, tetapi untuk pencarian melebar ke arah Jila," tuturnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini